Bagaimana Sejarah Hubungan Antara Hari Valentine Dengan Coklat?

0
4

Sudah menjadi kebiasaan banyak orang di hari Valentine memberikan coklat kepada orang yang mereka sukai atau sayangi. Tradisi ini menyebar dair Eropa hingga ke berbagai belahan dunia sejaka ratusan tahun lamanya, termasuk di INdonesia.

Sering kita jumpai banyak anak remaja bertukar coklat pada tanggal 14 Februari di kota-kota besar. Lalu, bagaimana sih sejarahnya yang membuat Hari Valentine sangat identik dengan makanan manis ini?

Suku Mesoamerican

Sejarah makanan manis ini memang bisa dibilang cukup panjang dan menjadi salah satu makanan paling populer di dunia. Di masa lalu, biji kakao menjadi sebuah komoditas yang sangat berharga bagi suku-suku Mesoamerica.

Bahkan saking bernilainya, biji kakao menjadi mata uang dan hanya bisa dinikmati oleh kalangan tertentu saja. Sejak kedatangan bangsa Spanyol ke Benua Amerika, coklat mulai menyebar hingga ke Eropa dan menjadi makanan favorit bagi bangsawan Eropa.

Munculnya Hari Valentine

Hari Valentine di Eropa awalnya dijadikan sebagai hari untuk mengenang seorang martir Katolik bernama Valentine. Perayaan ini bahkan menjadi hari libur resmi bagi kerajaan-kerajaan di Eropa pada abad ke-16.

Pada masa ini pula, coklat sudah menyebar di Eropa dan menjadi sebuah makanan yang cukup populer untuk dijadikan makanan sehari-hari. Sebagai sebuah makanan yang populer dan mampu mengubah mood yang memakannya, coklat menjadi sangat populer diberikan sebagai kado dan juga hadiah.

Sebagai sebuah pengingat akan populernya makanan ini serta menjaga semangat dari Hari Valentine, coklat mulai menjadi sebuah kado wajib untuk merayakan Hari Valentine.

Komersialisasi Coklat

Seiring meningkatnya perkembangan jaman, coklat sudah bisa dibuat dengan berbagai macam cara untuk menghasikan bentuk dan rasa yang berbeda Perusahaan-erusahaan coklat mulai membuat cokklat sebagai sebuah produk komersial degan menggunakan gimmick Hari Valentine untuk meningkatkan penjualan mereka.

Strategi ini bisa dibilang cukup sukses karena bisa menjadi sebuah budaya yang sangat populer di seluruh belahan dunia saat ini.

Nah, buat Hari Valentine sekarang ini, siapa nih kira-kira yang akan kalian beri coklat nanti, POPIes?

Baca Juga : Ssst! Sayang-Sayangan Nggak Mesti Pas Valentine aja via 5 Lagu Soundtrack Film Negeri Ini Juga Bisa

 

(Visited 46 times, 1 visits today)