Duduk Lama di Depan Layar Komputer Bisa Sebabkan Jantungan?

0
3
layar komputer

Pekerjaan kantoran identik dengan duduk menghadapi layar komputer dengan waktu lama. Duduk Lama di Depan Layar Komputer Bisa Sebabkan Jantungan?

Pekerjaan kantoran identik dengan duduk menghadapi layar komputer atau laptop untuk menyelesaikan berbagai tugas dalam pekerjaan. Karena Anda terus fokus, Anda sering kali tidak menyadari kalau waktu sudah berlalu saja. Anda sampai lupa sudah berapa lama duduk di kursi dan tidak melakukan gerakan lain selain tanganmu menari diatas keyboard.

Rasa pegal atau lelah pada alat gerak dan mata mulai terasa dan sering menganggap itu hal yang kecil. Tapi tahukah Anda, kalau sering duduk lama bisa membuat Anda rentan terhadap beragam penyakit?

Memang kelihatannya, penyakit karena duduk itu sepele sekali tetapi berdasarkan beragam studi yang telah diterbitkan, duduk terus bisa menyebabkan Anda rentan terhadap penyakit jantung karena tersumbatnya pembuluh arteri. Selain itu, Anda juga rentan untuk menjadi obesitas.

Olahraga Bisa di Mana Saja! Termasuk di Sofa. Olahraga yuk…

Jangan biarkan tubuhmu idle atau tidak bergerak sama sekali dalam waktu yang lama. Cara mengatasi ini adalah melakukan gerakan yang merelaksasikan tubuh Anda seperti gerakan peregangan yang bisa melancarkan pembuluh darah dan oksigen. Disamping itu, mood Anda akan lebih ceria dengan olahraga.

Nah, gerakan olahraga apa saja yang bisa kamu lakukan di kantor?

1. Peregangan Tangan

Selama bekerja di depan laptop, tangan juga jemari terus bekerja dan pastinya pada akhirnya akan terasa pegal. Agar peredaran darah Anda lancar, Anda bisa mengatasinya dengan meregangkan setiap tangan ke sisi kanan dan kiri. Saat meregangkan Anda bisa menahan selama 10 detik dan mengulanginya sebanyak 5 kali untuk setiap sisi.

2. Push Up Pada Meja

Mungkin Anda mempunyai waktu yang terbatas untuk pergi ke gym. Nah, Anda bisa melatih otot bicep dengan meja kerja. Caranya mudah. Cukup bertumpu pada meja, Anda bisa push up. Mudah kan? Anda bisa mencoba push up pada meja sebanyak 20 kali dalam 1 set.

3. Tricep Dip Pada Meja

Kalau push up Anda menghadap ke meja, tricep dip bertumpu pada meja namun tidak menghadap meja.Latihan otot tricep diperlukan untuk mengimbangi otot bicep. Anda bisa melatih otot tricep sebanyak 20 kali dalam 1 set.

Latihan Gym Setelah Pulang Kantor? Kenapa Tidak!

4. Squat

Anda bisa melatih otot kakimu dengan cara squat atau latihan berjongkok. Squat bertujuan untuk melatih otot paha dan kaki dan melancarkan peredaran darah. Kamu bisa berlatih squat sebanyak 20 kali dalam 1 set.

5. Peregangan Tubuh Sambil Duduk

Posisi tubuh saat duduk menghadap ke komputer sambil duduk lama kelamaan akan menimbulkan rasa sakit ataupun pegal pada punggung. Anda bisa menghindari ketidaknyamanan pada punggung dengan meregangkan punggung ke sisi kanan dan kiri sambil duduk. Regangkan punggung Anda ke setiap sisi dengan menahan posisi selama 10 detik.

Daripada jantungan, mending lakuin olahraga di atas kan POPle?

(Visited 140 times, 1 visits today)