Kenapa 5 Film Bencana Ini Punya Jurus Jitu Hadapi Kejadian Gempa Bumi

0
41

Film bencana bisa ajari kita untuk siaga. Dari lihat sekilas dan ‘rasakan’ sensasi bencana yang bisa saja terjadi, kita jadi bisa lebih siap, bukan?

 

 

Gempa memang bisa bikin kita takut meski terlihat tegar.

Secara praktis, kita harus tetap tenang dan jangan panik – meski sulit dilakukan. Lalu sembunyi di kolong meja dan hindari area rak-lemari yang bisa ambruk. Mengungsi dengan jalan kaki tanpa harus bawa kendaraan jadi pilihan lain. Lindungi kepala dengan bantal dan helm juga bisa jadi kiat penting.

Hal di atas penting untuk diperhatikan, mengingat latihan-latihan menghadapi bencana alam seperti gempa jarang dilakukan.

Sebagai ‘simulasi’ agar terbayang apa saja yang bisa terjadi selama gempa, bagaimana kalau tengok 5 film gempa bumi ini !

 

SAN ANDREAS

San Andreas adalah patahan geser yang nyata terbentang sepanjang 1,300 km. Patahan ini jadi batas tektonik Lempeng Pasifik dan Lempeng Amerika Utara. Ditemukan pada 1906, setelah gempa bumi San Francisco. Aksi Dwayne Johnson alias The Rock dan bumbu efek visual jadi daya tarik film bencana ini.

 

10.0 EARTHQUAKE

Film ini punya muatan bencana gempa bumi besar di Los Angeles. Pemicunya? Apalagi kalau bukan lempeng San Andreas. Beberapa sipil dan ilmuwan pun bahu-membahu agar bencana ini tak memakan korban lebih banyak lagi. Apakah lebih realistis dibanding San Andreas-nya Dwayne Johnson?

 

Yo, Man! Seru-Seruan Bareng 23 Film Wajib Jadi Tontonan Seru di 2018

 

AFTERSHOCK

Ini jadi film bencana gempa terlaris untuk hitungan film Asia. Rilisan 2010 bikinan Feng Xiaogang ini jatuhnya lebih ke drama melankolis paska gempa terjadi yang membuat seorang anak terpisah dari keluarganya. Tak hanya itu, si anak yang terpisah tersebut lebih miris lagi karena dirinya bukanlah pilihan sang ibu untuk diselamatkan.

 

NATURE UNLEASHED: EARTHQUAKE

Aman tinggal di dekat instalasi pembangkit energi nuklir? Well, para penduduk sebuah kota di Rusia salah sangka. Mereka tak mengira kalau guncangan gempa bisa jadi akhir dari hidup mereka. Walaupun film gempa ini terasa begitu cheesy, beberapa adegan bencananya terbilang nyata dan hidup.

 

Nonton Yang Keras dan Sadis Bareng Si Dia? Ini 7 Film Rated R Box Office Ter-okeh!

 

2012

Begitu dirilis, besutan raja film bencana Roland Emmerich ini sangat kontroversial dimana-mana. Efek visual dunia kiamat termasuk gempa tektonik yang membelah Los Angeles (bisa jadi karena lempeng San Andreas lagi!) bikin terpukau semua yang menontonnya. Saking ber-plot kontroversial, 2012 sempat ingin diboikot di negeri ini!

 

Bagaimana, berkat 5 film gempa bumi tadi, sudah tahu kan apa yang harus dilakukan saat terjadi gempa?

Mau lihat film-film seru lainnya? Buruan puter POPULAR Now yang tersedia di Google Playstore dan iOS Store atau bisa langsung unduh disini! 

(Visited 4,716 times, 1 visits today)