Gusi Berdarah? Atasi Pakai Langkah Mudah Ini!

0
2

Gusi berdarah jadi salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi. Bagaimana cara atasinya?

 

Ya, masalah tersebut biasanya datang saat Anda menyikat gigi. Padahal makanan yang sudah dilahap enak bener, tapi ya gitu deh. Repot! Jika hal itu sampai terjadi, menyambangi dokter gigi memang bisa jadi pilihan tepat.

Namun, selain itu, tahukah Anda jika ternyata ada cara  lain yang juga ampuh untuk mengatasinya? 

 

1  Oleskan minyak cengkeh

Minyak cengkeh dianggap sebagai bahan terbaik untuk mengobati gusi berdarah. Menurut para ahli kesehatan, minyak tersebut mampu mengurangi peradangan sekaligus menghentikan pendarahan yang terjadi di gusi. Cara pemakaiannya? Ambilah sedikit minyak cengkeh lalu oleskan ke gusi Anda secara perlahan.

 

2  Oleskan lidah buaya

Lidah buaya punyak banyak sifat baik di dalamnya, salah satunya mampu mengurangi peradangan gusi penyebab gusi berdarah. Jika kebetulan Anda mengalaminya, cobalah ambil lidah buaya lalu oleskan ke bagian yang berdarah. Setelah didiamkan beberapa menit, bilaslah menggunakan air bersih.

 

3  Berkumur air garam

Gusi berdarah juga bisa diatasi dengan berkumur menggunakan air garam. Caranya: Campurkanlah air hangat dengan garam lalu berkumurlah setidaknya tiga kali sehari. Oh ya, pastikan air yang Anda gunakan tidak panas karena bisa menyebabkan luka bakar pada bagian mulut.

 

4  Konsumsi buah dan sayur

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, konsumi buah dan sayur juga baik untuk kesehatan gusi. Ya, itu karena makanan ini kaya akan vitamin, mineral dan rendah kalori. Dengan melahapnya, sirkulasi darah di gusi akan meningkat, sehingga risiko gusi berdarah jadi berkurang.

 

Tengah Bulan Tapi Ingin Makan di Restoran? Ini Triknya!

 

5  Rajin bersihkan gigi

Kuman yang mengendap di gigi dan mulut merupakan salah satu penyebab terjadinya gusi berdarah. Untuk mencegahnya, cobalah selalu jaga kesehatan gigi  dengan rajin membersihkannya dan flossing. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati !

 

Mulai sekarang, katakan selamat tinggal pada gusi berdarah!

(Visited 403 times, 1 visits today)