Kantor Pindah? Begini Cara Jadi New Comer di Kantor Baru!

0
3
kantor baru

Kantor baru? Wow! Pastinya penuh dengan harapan baru untuk karir yang lebih sukses dan cerah. Kantor Pindah? Begini Cara Jadi New Comer di Kantor Baru!

Kantor baru? Wow! Pastinya penuh dengan harapan baru untuk karir yang lebih sukses dan cerah. Namun, untuk mewujudkan harapan baru tersebut, kita terlebih dahulu ditantang untuk bisa “menaklukan” lingkungan kerja yang baru tersebut dan mampu beradaptasi dengan lingkungan kantor baru yang kita kenal.

Hal ini penting bagi keberlangsungan karir kita ke depan, karena kemampuan kita dalam berbaur dan beradaptasi dengan lingkungan kerja tentunya juga akan mempengaruhi kinerja dan performa kita di kantor yang baru tersebut nantinya.

Menjadi new comer (pendatang baru) di sebuah lingkungan kerja baru memang susah-susah gampang. Bagi sebagian orang, beradaptasi di lingkungan baru adalah hal yang mudah, dan dalam hari pertama saja sudah bisa merasa nyaman dengan lingkungan maupun orang-orang baru.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar mudah merasa nyaman dan enjoy dan diterima di lingkungan kerja yang baru:

1. Tersenyum

Senyum adalah bahasa yang universal. Senyum juga merupakan bentuk komunikasi awal yang kita bangun saat bertemu dengan orang baru. Sebagai orang baru, memperlihatkan sikap ramah dengan tersenyum adalah hal yang sangat penting. Tersenyum berarti menunjukkan bahwa Anda siap membuka komunikasi dan interaksi dengan orang lain. Rajin-rajinlah menebar senyuman. Semua orang menyukainya dan membuat mereka akan lebih mudah merasa nyaman dengan Anda.

Biar Fokus Saat Berada di Kantor, Jangan Lakukan 5 Hal Ini!

2. Menyapa

Semua orang suka sikap ramah, dan semua orang suka diperhatikan dalam batas kewajaran. Dalam hal ini Anda harus sadar dengan apa yang terjadi di sekeliling Anda. Jangan cuek! Anda juga perlu memperhatikan orang-orang di sekitar dengan segala bentuk perubahan yang ada pada mereka. Tidak ada salahnya menyapa lebih dulu. Bisa dilakukan menyapa (mengucapkan) salam terlebih dahulu, misalnya selamat pagi saat baru datang.

3. Membaur

Di setiap kantor pasti ada budaya-budaya tertentu. Apalagi untuk wanita biasanya ada aturan-aturan tak tertulis, misalanya pada hari tertentu kompakan memakai baju atau asesoris tertentu. Kita mungkin tidak begitu tertarik dan menganggap itu hal kecil dan tidak penting. Namun, tak ada salahnya dilakukan agar kita bisa cepat menyesuaikan diri.

4. Tampil Apa Adanya

Tidak mudah memang untuk tertarik dan menganggap asyik semua orang yang baru dikenal. Pada saat awal-awal berkenalan, pada umumnya orang akan mempertahankan sikap jaga image (jaim) dan kesan professional. Tentunya hal ini bisa dianggap membosankan. Tapi hal itu tidak akan bertahan lama. Saat mereka menganggap Anda asyik dan bisa dipercaya, sikap mereka pun akan berubah menjadi lebih “nyantai”. Namun terlebih dahulu Anda juga harus memperlihatkan kejujuran dan sikap Anda yang apa adanya. Jangan terlalu jaim, atau terlalu dibuat-buat.

Jangan Gengsi, Ini 5 Manfaat Bawa Bekal Makanan ke Kantor!

5. Tunjukkan Sikap Tertarik

Orang-orang tidak akan tertarik bila Anda tak menunjukkan sikap tertarik pada mereka. Tertarik dalam hal ini bukan berarti tertarik untuk mengorek-ngorek informasi pribadi seseorang loh. Melainkan tertarik untuk menjalin persahabatan, ingin mengenal lebih dekat dan tertarik dengan keunikan karakter yang ada di diri mereka. Anda harus punya inisiatif untuk memulai duluan dan mencoba lebih dekat dengan mereka di lingkungan baru tersebut.

 

 

(Visited 34 times, 1 visits today)