Pusing Bos Begini-Begitu? Simak 4 Karakter Bos dan Cara Hadapinya Ini!

0
4
4 karakter

Sebagian dari kita pasti punya atasan atau bos yang bikin galau dan gundah gulana. Tenang, sebenarnya ada empat karakter bos dan cara menghadapinya pun beda-beda.

 

Setiap atasan atau bos pasti punya karakter yang berbeda-beda dan unik. Perlu cara tersendiri untuk ‘menaklukkannya.’

Umumnya, ada empat tipe besar atasan yang kerap dijumpai di lingkungan kerja. Yuk, kenali ciri mereka dan cara menghadapinya.

 

 

1. Si Pemarah

Biasanya, tipe bos ini reaksinya terhadap kesalahan atau sesuatu yang tak sesuai ekspektasinya diungkap dengan kemarahan. Punya temperamen meledak-ledak sehingga tersulut sedikit saja egonya, habislah kita. Ia juga paling sulit dikritik dan agak diktator.

Tip:

#Bila sudah tak tahan dan butuh orang lain untuk keluh kesah, pilih orang yang memang kita yakin tidak ‘ember’, sehingga apa yang diceritakan tak sampai kemana-mana.

#Bila sudah berada di titik puncak, cari bantuan ke HRD. Mungkin mereka bisa menemukan solusi dari masalahnya.

 

Inilah Deretan Jenis Musik Penambah Semangat Kerja!

 

2. Si Lambat

Karakter bos yang ini tak cukup tanggap tiap perubahan. Sikapnya konservatif dan sangat berhati-hati, karena ia tipe yang enggan ambil risiko. Kelemahan lain, saat mengambil keputusan seringkali tak independen karena ada orang-orang berpengaruh yang bisa menyetir dirinya.

Tip:

#Simpan berkas-berkas pekerjaan sebagai bukti. Secara berkala kirimkan pada atasan, untuk mengingatkannya lagi apa saja yang sudah dilakukan. Selipkan paragraf pendek yang berisi saran untuknya.

 

3. Si Big Mama

Mungkin sebagian ada yang punya bos wanita yang terkenal dengan kecerewetannya. Sebenarnya ia atasan yang friendly dan hangat. Bos ini ciptakan iklim yang kondusif di lingkungan kerja dengan gaya penuh perhatian. Mereka jarang menekan anak buah. Itulah masalahnya, karena pekerjaan bagus bukanlah prioritas utamanya, kita tak termotivasi untuk bekerja maksimal.

Tip:

#Jangan terlalu terbuka menceritakan kehidupan pribadi. Pisahkan antara kehidupan pribadi dengan kantor.

 

Inilah 5 Alasan Mengapa Anda Harus Mandi Sepulang Kerja!

 

4. Si Ideal

Dinamis, punya kekuasaan tinggi, visi, bijaksana dan punya jiwa bisnis. Bos berkarakter ideal punya pemikiran besar dan bisa diimplemantasikan ke dalam visi dan rencana kerja. Tipe seperti ini tak pernah takut risiko, dan bersedia mendelegasikan otoritasnya ke mereka yang dipercaya dan punya potensi.

Tip:

#Jangan hanya tunggu bola, ambil inisitiatif, tanyakan padanya apakah ada yang bisa dikerjakan. Tunjukkan antusiasme. Jika ada proyek lain yang jadi proyek impiannya, ambillah bagian di dalamnya!

 

Nah, tipe atasan mana yang POPle punya sekarang ini?

 

 

 

berbagai sumber

editor o.j.

(Visited 452 times, 1 visits today)