Siap Makan-Makan Kuliner Nusantara Pas Tahun Baru!

0
1
perkasa sepanjang hari

Makan-makan jelas jadi agenda utama tiap momen besar. Termasuk momen tahun baru! 

 

Masuk masa liburan tahun baru (tahun ini long weekend!), Anda pasti punya rencana untuk menghabiskan waktu bareng pasangan. Standar? Jelas tidak!

Maklum, ini adalah momen-momen akhir tahun!

Masalahnya, agar liburan jadi menyenangkan, kita harus punya effort khusus seperti mengajak pasangan wisata kuliner masakan nusantara.

Thank God, kita hidup di Indonesia yang punya banyak sekali makanan yang sangat lezat. Jadi, mau makan dimana kita? Eh, maksudnya: Anda berdua?

Yuk, kita intip makanan khas nusantara yang memiliki cita rasa yang sangat lezat!

 

PEMPEK

Makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan, punya tekstur yang kenyal dan banyak jenis yang beragam. Pempek punya rasa yang gurih, dan wangi aroma ikan. Makanan ini unik, karena agar punya rasa yang lebih enak, pempek harus memakai cuka terlebih dahulu.

 

 

BUBUR SAMBAS

Bubur Sambas berasal dari Kalimantan, makanan ini terbuat dari  nasi. Bubur Sambas ini sangat enak jika dinikmati dengan ikan teri, kacang tanah goreng, taoge, dan daun bawang. Selain itu, bubur ini punya kuah kuning yang mirip dengan soto.

Biasakan Jalan Kaki Singkat Setelah Makan!

 

AYAM TALIWANG

Masakan khas Lombok ini memang banyak dicari. Makanan yang terbuat ayam kampung lokal yang dibakar atau digoreng. Ayam Taliwang punya rasa yang sangat enak! Selain itu ayam taliwang biasanya disajikan bersama lalapan yang terdiri dari terung, mentimun, bawang merah yang di rajang dan dicampur dengan bumbu sambal tomat.

 

 

EMPAL GENTONG

Ini makanan khas Jawa Barat berasal dari daerah Cirebon. Jika dilihat sepintas, empal gentong mirip dengan gulai. Untuk cita rasa alami, proses memasaknya menggunakan kayu bakar terutama kayu pohon mangga menggunakan gentong. Bahan utama empal gentong adalah daging sapi, usus dan babat.

 

 

NASI GANDUL

Nasi gandul berasal dari daerah Pati, Jawa Tengah. Berbeda dengan masakan nasi yang lainnya, nasi gandul biasanya dialas dengan daun pisang. Nasi gandul juga memiliki rasa yang sangat gurih, karena memakai kuah yang segar ditambah lauk berupa daging sapi.

 

Siap makan yang mana nih?

(Visited 199 times, 1 visits today)