Masuk Tol, Bayar Pakai E Toll Card, Jangan Lupa Gunakan Tongtol!

0
0
tongtol

POPle tau kan, mulai Oktober 2017, seluruh gerbang tol tak lagi melayani transaksi tunai. Masuk Tol, Bayar Pakai E Toll Card, Jangan Lupa Gunakan Tongtol!

Selain untuk mengurangi antrean, pelayanan transaksi elektronik di semua gerbang tol untuk meningkatkan cashless society. Total ada 988 gardu yang dimiliki Jasa Marga dan anak perusahaannya yang tersebar di seluruh Indonesia. Dari 988 gerbang tol tersebut, 466 di antaranya sudah menggunakan sistem Gardu Tol Otomatis (GTO).

Cashless Society

Pemberlakuan transaksi elektronik ini dilakukan untuk mengurangi kepadatan antrean di gerbang tol yang selama ini kerap terjadi. Selain itu, langkah ini untuk mewujudkan budaya nontunai (cashless society). Di beberapa negara maju di kawasan Asia, transaksi nontunai sudah 50 persen. Meski demikian, persentase penetrasi transaksi elektronik sudah di atas 93 persen.

Sejalan dengan keinginan pemerintah yang menargetkan pada Oktober 2017, Jasa Marga akan bekerja sama dengan bank-bank yang disupervisi oleh Bank Indonesia untuk menyiapkan fasilitas untuk transaksi elektronik ini.

5 Tips Antisipasi Tindak Kejahatan di Jalan Raya

Direct Selling

Jasa Marga telah mengantisipasi kemungkinan yang timbul pada masa transisi. Salah satunya dengan memfasilitasi direct selling kartu elektronik di gerbang tol. Di beberapa gerbang tol juga terdapat loket untuk isi ulang kartu elektronik. Namun hal ini mendapat kritik dari pengguna tol karena dinilai justru memperpanjang antrean.

Nah, bagi POPle yang udah punya e-toll card, pernah nggak sih kalian mengalami kesulitan transaksinya saat menempelkan kartu e toll di area sensor card nya? Atau pernah sampai harus membuka pintu dan turun hanya untuk melakukan transaksi? Tenang, semua masalah itu bisa kalian hindari dengan tongkat ajaib yang satu ini.

Tongtol

Ini bukan tongsing yang biasa POPle pakai untuk berfoto selfie ya. Tongtol alias tongkat e-toll mulai beken belakangan ini. Sebagaimana halnya tongsis yang berfungsi untuk ‘memanjangkan’ tangan guna memudahkan jarak ideal untuk foto, tongtol diperuntukkan untuk memudahkan pembayaran tol dengan kartu yang di-tap ke pembaca kartu di gerbang tol.

Saatnya Weekend Getaway ke Bogor: Jalan, Makan, Jajan!

POPle tinggal membuka kaca mobil dan mengeluarkan tongtol, tanpa perlu susah payah menjangkau mesin tap untuk pembayaraan. Kartu non tunai sendiri ditempelkan pada ujung tongtol. Sekilas, bentuk tongtol ini mirip spatula atau centong memasak dengan panjang 1 meter. Sementara ujung tempat kartu menyerupai box tempat kartu ID perusahaan.

Tongtol sebagai penunjang penggunaan E-Toll card kini telah beredar luas baik di gerai fisik maupun gerai digital. Paling mudah, calon pembeli bisa mengunjungi gerai digital. Tongtol sendiri ada yang terbuat dari logam, ada pula yang bebahan plastik.

Ingat ya POPle, jangan dipakai untuk selfie yah..hehehe..

(Visited 76 times, 1 visits today)