Jangan Khawatirkan Kurs, Bawa Enjoy Aja Meski Rupiah Letoy

0
0
meski rupiah letoy

Masih Naik Turun Kurs Rupiah! Jangan Khawatirkan Kurs, Bawa Enjoy Aja Meski Rupiah Letoy!

Menjelang medio bulan November lalu, pergerakan Rupiah terhadap US Dollar kembali letoy, di level Rp13.500-an. Apa ada hubungannya dengan terpilihnya pemimpin baru AS, Donald Trump? Bagaimana menyiasatinya apabila kita mau belanja barang atau jasa yang sangat sensitif dengan kedigdayaan US Dollar?

 

Belanja Gadget

Biasanya harga gadget sekarang sangat sensitif dengan fluktuasi US Dollar. Cara paling singkat terpaksa menunda pembeliannya. Duhhh, tapi rencananya gadget itu untuk kasih kado? Well, sebaiknya jika ada opsi lain, hadiahnya boleh berupa barang lain yang nilainya serupa dengan budget Anda semula. Lain cerita, jika ada paket diskon, atau ada paket trade-in dengan barang gadget lama yang kadaluarsa.

Ini Dia 7 Cara Bangkit Dari Ekonomi Krisis

 

Jalan-jalan Pelesiran

Kalau hanya untuk pelesiran, sebaiknya dipikir ulang kembali deh. Sebab, sesungguhnya tanpa adanya gejolak pergerakan kurs di bulan November lalu sekalipun, biasanya di bulan Desember sering terjadi pelemahan mata uang sang Merah Putih. Alternatifnya, Anda bisa merubah tujuan destinasi, misalnya semula tujuan Eropa menjadi negara tetangga. Bahkan bisa mengeksplorasi kekayaan daerah Nusantara (contoh, Bali atau Belitong).

Proteksi Keuangan Ini Wajib Punya Buat Papa, Mama dan Gebetan Kesayangan!

 

Beli Kendaraan

Boleh-boleh saja, seandainya sudah terlanjur bayar DP, tapi usahakan untuk pembayaran lanjutannya memperoleh termin waktu yang lebih meringankan. Jika masih lihat-lihat, maka pertanyaannya apakah mesti beli sekarang (bulan ini)? atau bisa ditunda saja dulu? Apalagi jenis mobil yang diincar adalah kategori punya import content 80-100%. Tak masalah, jika tak mempengaruhi cash flow Anda ke depannya. Setidaknya ini semua dapat jadi bahan pertimbangan Anda. Biar hidup bisa tetap asoyy geboyy.

 

Arwani Pranajaya,        

RFC®, CFP®. AAEP®. CSA®. QWP®.

(Visited 230 times, 1 visits today)