Zodiak Dapat Meramal Kepribadian Seseorang dengan Tepat, Fakta atau Mitos?

0
3

Manusia dan kepribadiannya merupakan pembahasan yang kompleks sekaligus menarik untuk dianalisis bersama-sama. Cara pembahasannya pun beragam, tergantung mau dibahas dari segi mananya terlebih dahulu. Saat ini, begitu banyak orang yang gemar membahas kepribadian seseorang berdasarkan tanggal lahirnya, atau juga sering disebut sebagai zodiak tertentu. Well, bagaimana denganmu, POPIe? Apakah kamu termasuk orang yang berpatokan pada zodiak dalam melihat kepribadian seseorang?

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas kepribadian dari segi psikologi, atau ilmu yang mempelajari proses mental kompleks yang terjadi di dalam diri manusia. Psikologi merupakan salah satu ilmu yang sudah sejak lama terverifikasi sebagai ilmu, atau sesuatu yang dapat dijadikan dasar pola pikir manusia. Berbeda dengan zodiak, yaitu bagian dari suatu kepercayaan bernama astrologi yang dipelajari oleh orang-orang Yunani Kuno, yang mana merupakan pengelompokan kecenderungan kepribadian manusia berdasarkan orbit planet.

Nggak Mau Cepat Bosan? Yuk, Refresh Hubungan Dengan 3 Hal Ini

Pada kalangan peneliti ilmu sosial, ilmu astrologi ini masih menjadi perdebatan. Pasalnya, terdapat beberapa peneliti di bidang psikologi yang meneliti hubungan antara kepribadian manusia dengan pengelompokan tanggal ulangtahunnya, dan banyak di antaranya yang menunjukan hubungan yang tidak signifikan antara kedua hal tersebut.

Jadi, sebetulnya apa, sih, definisi kepribadian itu sendiri? Kepribadian atau personality merupakan kata yang berasal dari bahasa Latin, yaitu Persona, artinya hal yang membuat tiap orang unik berdasarkan pola berpikir, berperilaku, serta dalam merasakan sesuatu. Pola setiap manusia menjadi unik bukan hanya sekedar berdasarkan pengelompokan tanggal lahir seseorang saja, namun juga berdasarkan kejadian-kejadian unik (life events) yang dilalui oleh tiap orang.

Memang benar, ada beberapa penelitian mengenai kelainan mental tertentu yang berkaitan dengan tanggal lahir seseorang. Namun, hal itu bisa kembali dijelaskan dengan kejadian-kejadian yang memang terjadi pada waktu dan tempat tertentu. Faktor-faktor penyebabnya bisa saja karena perbedaan temperatur dan lingkungan yang menyebabkan pertumbuhan biologis tertentu pada tubuh manusia, sehingga menghasilkan kecenderungan yang berbeda pada orang-orang yang lahir di bulan tersebut. Tapi tetap saja, proses mental manusia terlalu kompleks apabila hanya dijelaskan berdasarkan tanggal kelahirannya. Kepribadian seseorang tentu harus tetap dihubungkan dengan kejadian unik yang orang tersebut lalui di dalam kehidupannya.

Tips Liburan Murah dan Hemat di Liburan Akhir Tahun!

Butuh info lainnya? Langsung aja dapetin Video petunjuknya dari aplikasi POPULARNow yang bisa langsung diunduh di Google Playstore dan iOS Store.

(Visited 105 times, 1 visits today)