Apa Saja Manfaat Outing Bagi Sebuah Perusahaan?

0
4
manfaat outing

Baiknya, setiap setahun sekali perusahaan menggelar acara outing atau gathering! Apa Saja Manfaat Outing Bagi Sebuah Perusahaan?

Setahun sekali perusahaan menggelar acara outing atau gathering. Ini hal yang sudah umum dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang sudah mapan. Outing / Gathering ada yang melibatkan keluarga si karyawan dan ada juga yang hanya diikuti oleh karyawan itu sendiri, baik satu perusahaan maupun per divisi.

Lalu, apa saja manfaat gathering bagi sebuah perusahaan? Sepadan kah dengan biaya mahal yang dikeluarkan? Tentu saja sepadan. Ini dia beberapa manfaat outing atau gathering bagi sebuah perusahaan:

1. Mempererat Hubungan Antar Karyawan

Pimpinan yang jeli bisa melihat ketidakharmonisan hubungan relasi dalam kantor. Bisa jadi itu tidak berbentuk konflik, tapi sekadar pengelompokan antar karyawan. Agar kondisi ini tidak memperburuk efisiensi dan efektifitas kerja maka perusahaan perlu memecah lingkaran-lingkaran ini sehingga terjalin relasi baru yang lebih terbuka antar karyawan.

Sering Miskom? 5 Cara Ini Ampuh Tingkatkan Teamwork di Tempat Kerja!

2. Sarana Refreshing

Perusahaan dengan tingkat tekanan tinggi, proses produksi yang cepat dan tanpa henti tentu membuat karyawan berada dalam tekanan yang kuat. Untuk itu banyak perusahaan besar atau perusahaan kecil yang volume kerjaannya tinggi mengagendakan kegiatan gathering atau outing.

3. Membangun Teamwork

Tidak selamanya sebuah tim bekerja selalu solid. Atau, terkadang sebuah perusahaan melakukan restrukturisasi sehingga terbentuk teamwork yang baru. Bila sudah demikian maka kegiatan gathering atau sering disebut juga dengan istilah outing menjadi wajib untuk dilaksanakan.

4. Memperbaiki Konflik dan Friksi

Hampir tidak ada perusahaan yang steril dari konflik dan friksi. Kompetisi yang tinggi, kesenjaangan penghasilan, dan relasi yang memanas bisa didinginkan lewat kegiatan gathering. Ya, dengan mengadakan gathering atau outing, kegiatan ini bisa menurunkan suasana panas tersebut.

Jangan Bersikap Seperti ini, Kalo Nggak Mau Si Bos Marah!

Outing atau Gathering dapat dikelola secara internal maupun memanfaatkan Event Organizer (EO). Bila sebuah perusahaan dengan karyawan tak lebih dari 50 orang, perusahaan dapat membuat panitia kecil untuk acara teresebut. Namun bila hal itu dirasa mengganggu pekerjaan sehari-hari, tentunya memanfaatkan jasa EO bakal lebih efisien.

Selamat Outing POPle….

(Visited 1,490 times, 1 visits today)