Biar Makin Gaul, Inilah Fakta Menarik Tentang Oktoberfest!

0
5
fakta menarik

Bukan cuma sekedar festival bir, ternyata banyak hal menarik dari Oktoberfest! Apa aja? Biar Makin Gaul, Inilah Fakta Menarik Tentang Oktoberfest!

Sejumlah tempat nongkrong, mal, atau panggung yang diadain sepanjang September-Oktober kerap pakai istilah ‘Oktoberfest’ di acaranya. Bahkan ada juga yang sampai ngasih promo khusus buat ngerayain festival Oktober itu.

FYI, Oktoberfest aslinya merupakan festival warga Jerman, terutama di daerah Munchen. Pagelaran kesenian tradisional ini bahkan sampai menarik minat warga negara lain. Akhirnya, mereka pun ikut ngerayain Oktoberfest di negaranya.

Tapi kenapa dirayain dari September kalo namanya Oktoberfest? Emang apa serunya acara ini? Buat jawab pertanyaan-pertanyaan di benak POPle, perhatiin nih fakta-fakta Oktoberfest di bawah ini:

1. Awalnya Merupakan Acara Kondangan

Pada 1810, Oktoberfest merupakan kondangan pernikahannya Pangeran Bavaria Ludwig dengan Puteri Therese von Sachsen-Hildburghausen. Acaranya dimulai 12 Oktober dan berakhir 17 Oktober di tahun itu. Perkawinan itu akhirnya diperingatin setiap tahun. Buat nambah suasana pesta, acaranya pun dipanjangin dari pertengahan September hingga awal Oktober. Sebab cuaca Jerman pada saat-saat itu hangat dan cocok buat mengadakan festival.

Jangan Salah! Minum Seteguk Bir Ternyata Ada Manfaatnya Lho!

2. Pergelaran Tradisional

Musik, seni, dan pakaian tradisional jadi semacam hal wajib di perayaan Oktoberfest. Makanan dan minuman khas Jerman pun jadi daya tarik utama festival ini. Berhubung beer adalah minuman khas negara ini, bar di berbagai negara jadi meminjam kemeriahan Oktoberfest buat bahan promosi.

3. Dikelola Resmi

Lain dari Halloween yang juga diperingati tiap Oktober, Oktoberfest dikelola jauh lebih profesional. Ada sebuah lembaga pengelola kegiatan itu di Munchen, dengan situs Oktoberfest.de. Kalo di Indonesia, Oktoberfest tuh bisa disamain kayak Pekan Raya Jakarta. Sama-sama acara kebudayaan lokal, tempat kuliner, promosi pariwisata, sekaligus ngerayain hari besar kota.

4. Hanya Bir Munchen yang Boleh Beredar

Di Munchen, panitia juga punya peraturan terkait bir. Hanya bir asal Munchen doang yang boleh beredar di Oktoberfest. Berarti, cuma ada 6 merk yaitu Paulaner, Spaten, Hacker-Pschorr, Augustiner, Hofbräu, and Löwenbräu.

Yuk Cari Tahu Mitos atau Fakta Segalanya Tentang Bir!

5. Ajang Cari Jodoh

Kini, semangat Oktoberfest berubah. Kalo dulu diadain buat ngerayain pesta pernikahan, kalo sekarang jadi ajang cari jodoh. Engga tanggung-tanggung gaes, cewek yang pakai baju tradisional Dirndl pun punya kode terkait status kelajangannya.

Kalo cewek ngiket pita di tengah Dirndl-nya, berarti doi masih perawan. Kalo pitanya ada di kanan, doi udah nikah atau udah punya pacar. Kalo pitanya di belakang berarti cewek itu janda atau bisa jadi pelayan di Oktoberfest. Kalo di kiri, doi single dan available. Cocok buat digebet.

Jadi gitu POPle.. fakta-fakta menarik dari Oktoberfest.. 

(Visited 147 times, 1 visits today)