Fakta-Fakta Dibalik Hari Anak Nasional dan Internasional!

0
10
hari anak nasional

Setiap tanggal 23 Juli, Indonesia merayakan Hari Anak Nasional. Fakta-Fakta Dibalik Hari Anak Nasional dan Internasional!

POPle, bagi sebagian kalian yang sudah memiliki anak, jangan lupa ya hari ini adalah Hari Anak Nasional. Mau merayakan kemana nih bersama sang buah hati? Jalan-jalan ke kebun binatang? Ajak nonton film superhero? Tamasya ke wisata alam? Atau punya rencana lainnya?

Nah, sebelum itu semua kalian lakukan, tau nggak nih kalo ada beberapa fakta tentang Hari Anak Nasional dan Internasional? Buat kalian yang belum tau, nih POPULAR kasih bocorannya yang sumbernya disadur dan dirangkum dari Wikipedia dan Wikipedia Indonesia.

1. Tanggal Hari Anak Tiap Negara Berbeda-beda

Kalian perlu tau nih POPle, perayaan tanggal Hari Anak berbeda lho di setiap negara. Ini semua hasil resolusi dari Majelis Umum PBB 836 (IX) tanggal 14 Desember 1954 yang merekomendasikan setiap negara untuk membentuk Hari Anak Sedunia.

Pierre Coffin Animator Minions, Anak Seorang Penulis dari Indonesia

2. Hari Anak Pertama: Juni 1856

Hari Anak dimulai pada hari Minggu kedua bulan Juni 1856 oleh Pendeta Dr. Charles Leonard, pendeta dari Universalist Church of The Redeemer di Chelsea, Massachusetts. Kala itu, sang pendeta mengadakan layanan khusus yang untuk dan untuk anak-anak. Dr. Charles Leonard menyebutnya dengan Rose Day atau Hari Mawar lalu selanjutnya dinamai Flower Sunday atau Minggu Bunga lalu akhirnya berganti nama menjadi Children’s Day atau hari Anak.

3. Turki Jadi Negara Pertama yang Merayakan Hari Anak

Hari Anak pertama kali dinyatakan resmi sebagai hari libur nasional oleh Republik Turki pada tahun 1929 dengan menetapkan setiap 23 April sebagai perayaannya. Dan Turki menjadi negara pertama yang merayakan Hari Anak.

4. Tanggal 1 Juni Adalah Hari Internasional Untuk Perlindungan Anak-anak

Hari Anak Internasional 1 Juni sebenarnya tidak salah juga. Sejak tahun 1950, tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Internasional Untuk Perlindungan Anak-anak. Namun, banyak negara yang mengklaim tanggal 1 Juni sebagai Hari Anak juga.

Anak Pesepakbola Top Dunia Ini Digadang-gadang Akan Melebihi Sang Legenda

5. Hari Anak Nasional Untuk Indonesia Adalah Tanggal 23 Juli

Sebagaimana ditetapkan secara resmi oleh Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 pada tanggal 19 Juli 1984, Indonesia menetapkan Hari Anak Nasional jatuh pada tanggal 23 Juli.

6. Tanggal 20 November Merupakan Hari Anak Internasional

Hari Anak Internasional jatuh pada tanggal 20 November yang bersamaan dengan ditetapkannya konvensi Hak-Hak Anak  oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) tahun 1989. Hari Anak Internasional sering juga disebut sebagai Hari Anak Sedunia maupun Hari Anak Universal.

Nah POPle, gimana informasinya? Oke kan! Selamat merayakan Hari Anak Nasional yah. Sayangi buah hati kita dan jauhkan dari segala bentuk Narkoba…

 

Main Photo: booksie.com

Inside Photo: acelebrationofwomen.org

 

 

 

(Visited 770 times, 1 visits today)