Inilah Ciri-Ciri Orang yang Bisa Diandalkan Sebagai Rekan Kerja!

0
5
rekan kerja

Memilih rekan kerja yang tepat sangat penting dalam membentuk suatu tim kerja yang handal. Inilah Ciri-Ciri Orang yang Bisa Diandalkan Sebagai Rekan Kerja!

Tanpa didukung oleh rekan-rekan yang memiliki kepribadian dan karakter yang berkualitas, suatu ide cemerlang akan jadi berantakan juga. Karena itulah, memilih rekan kerja yang tepat sangat penting dalam membentuk suatu tim kerja yang handal demi kelancaran pekerjaan.

Berikut ciri-ciri orang yang dapat diandalkan sebagai teman kerja:

1. Integritas Tinggi

Sifat dasar seseorang sangatlah berpengaruh dalam gaya bekerja yang ditampilkannya. Itulah sebabnya penting untuk memilih teman kerja yang jujur, bermoral baik dan berprinsip kuat dalam melawan hal yang salah, atau dengan kata lain memiliki integritas yang tinggi. Tidak ada yang senang bekerja dengan orang yang tidak jujur dan manipulatif. Anda hanya akan membuang waktu dengan mencemaskan trik apa lagi yang akan dilakukannya daripada menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Punya Rekan Kerja Bermuka Dua? Begini Cara Menghadapinya!

2. Terbuka dan Bisa Kerjasama

Tidak ada yang bisa bekerja dalam sebuah tim dengan seseorang yang memiliki ego yang tinggi dan keras kepala. Orang bersifat demikian cenderung tidak mau menerima kesalahan diri sendiri dan sibuk berkompetisi dengan rekan yang lain. Ia tidak bisa berbesar hati mengakui ide baru dari rekan kerja karena termakan oleh harga diri yang semu. Hasilnya, Ia akan menjadi orang yang susah diajak bekerja sama dan tim tersebut tidak akan bisa meraih prestasi yang baik karena Ia menutup diri dari ide-ide yang lebih baik, hanya karena ide tersebut dicetuskan oleh rekan yang dianggap saingannya.

3. Dapat Diandalkan

Seorang teman kerja yang baik dapat diandalkan dalam segala situasi. Apabila strategi yang diambil tidak berhasil, Ia tidak akan meninggalkan tim tersebut dan lepas tangan. Bagitu pula saat menghadapi masalah, Ia akan siap menyumbangkan pikiran dan tenaganya tanpa memperhitungkan untung rugi. Yang dipentingkannya adalah hasil yang baik bagi seluruh anggota tim dan bukannya mencari cara untuk menonjolkan kemampuannya. Teman kerja yang seperti ini akan membawa anggota tim yang lain ikut bersemangat, karena melihat etos kerjanya yang baik. Ia juga tidak akan ragu mengorbankan kepentingannya demi keberhasilan bersama dan mencapai target yang diinginkan.

4. Berdedikasi dan Profesional

Tidak ada yang mengalahkan profesionalisme dalam sebuah lingkungan kerja. Seseorang yang bisa memilah-milah antara kepentingan pribadi dan kepentingan kelompok dan memprioritaskan mana yang lebih penting saat dibutuhkan adalah teman kerja yang berharga. Bayangkan harus berurusan dengan seseorang yang selalu menolak lembur dipenghujung tengat waktu hanya karena janji bersenang-senang, pasti akan sangat memperlambat kinerja tim. Mereka yang memiliki dedikasi tinggi pada pekerjaan adalah salah satu aset dari sebuah perusahaan yang tidak tergantikan.

Punya Teman Kerja yang Malas? Hadapi dengan Sederet Cara Ini!

5. Komunikatif dan Menyenangkan

Semua sifat dan ciri-ciri diatas tidak akan membantu tanpa dibarengi dengan kepribadian yang menyenangkan dan kemampuan berkomunikasi yang baik. Salah satu penyebab utama gagalnya sebuah tim adalah karena kesalahpahaman dan kurangnya komunikasi. Teman kerja yang baik harus bisa membicarakan ide dan kemauannya dengan cara yang bisa dimengerti oleh anggota tim yang lain.

Walaupun karakteristik ini tidak bisa dijadikan sebagai tolak ukur kemampuan kerja seseorang, namun memilikinya akan sangat membantu dalam menjaga efektifitas sebuah tim kerja.

(Visited 184 times, 1 visits today)