Liburan Hemat Namun Tetap Berkesan! Gimana Caranya?

0
2
liburan hemat

Liburan nggak harus selalu yang mewah dan wah. Setuju dong sama pendapat barusan?  Liburan Hemat Namun Tetap Berkesan! Gimana Caranya?

Liburan yang menyenangkan tidak harus pergi ke luar negeri. Lokasi berlibur di Indonesia sangat luas dan ada sangat banyak tempat-tempat indah dan pastinya akan membuat liburan POPle semakin hemat dan pastinya menyenangkan.

Kebanyakan orang merasa bahwa mereka harus menghabiskan uang yang banyak. Istilah ‘ada harga, ada kualitas’ biasanya menjadi pokok pemikiran ketika akan berlibur. Namun tidak selamanya pikiran itu benar. Liburan juga bisa dilakukan secara hemat dan tetap menyenangkan kok.

Jadi, buat POPle yang ingin liburan hemat dan menyenangkan, ayo baca tips berikut ini.

1. Survey Lokasi Liburan

Sebelum pergi berlibur, kalian pasti harus menentukan kemana akan pergi. Untuk memastikan bahwa tempat yang kalian ingin datangi itu cocok dengan ekspektasi kalian tentang liburan atau tidak. Survei bisa dilakukan melalui internet, buku-buku wisata, atau brosur dari agen travel. Selain itu, dengan melakukan survei kalian bisa mulai menghitung kisaran budget yang dibutuhkan untuk berlibur ke tempat yang akan dituju, dan bisa mengetahui jika apakah ada promosi atau diskon sehingga kemauan kalian untuk berhemat menjadi lebih mudah.

Grace Dan Pricyla Simpan No Telp Penting Sebelum Traveling! Nomor Siapa Ya?

2. Lakukan Booking Jauh Hari

Setelah melakukan survei dan sudah menentukan tempat tujuan liburan, sekarang kalian harus mulai memesan tiket transportasi, tempat penginapan, atau bahkan jika ada, tiket tempat wisata di lokasi. Biasanya jika pemesanan dilakukan dari lama sebelum hari H, kalian akan mendapatkan harga spesial yang lebih murah atau kalian bisa mendapatkan penawaran-penawaran menarik lainnya mungkin.

3. Jangan Pergi di Musim Liburan

Di kebanyakan tempat wisata, harga pada saat musim liburan atau high season akan lebih mahal daripada ketika di musim biasa atau low season. Oleh karena itu, kalian akan bisa lebih berhemat jika pergi sebelum atau setelah musim liburan. Selain itu, kalian dapat lebih leluasa jika pergi bukan di musim liburan, karena biasanya lebih sepi, jadi bisa lebih menikmati liburannya deh.

4. Utamakan Kenyamanan Bukan Kemewahan

Lupakan tentang liburan mewah jika kalian mau berhemat. Namun jangan sampai karena sedang berhemat, liburan menjadi tidak nyaman. Utamakan kenyamanan kalian, baik dalam memilih transportasi, tempat tinggal, atau pemandu liburan. Asalkan nyaman, semua pasti akan senang. Dan pastinya akan lebih menyenangkan lagi jika kalian bisa liburan dengan nyaman, mewah, tapi murah. Mungkin sih, namun jarang.

5. Siapkan Uang Cash

Selalu bawa uang tunai selama kalian berlibur. Tentu saja bukan untuk dipakai berfoya-foya, tapi dengan membawa uang tunai, kalian akan lebih bisa mengatur pengeluaran selama liburan. Dengan membawa uang tunai, kalian juga bisa melihat langsung berapa uang yang tersisa, sehingga dapat berpikir lebih dalam sebelum mengeluarkan uang.

Jangan Ajak Pasangan Kalian Liburan Ke Deretan Tempat Wisata Ini!

6. Catat Pengeluaran Selama Liburan

Jangan lupa untuk selalu catat setiap pengeluaran yang kalian lakukan walaupun itu sekecil apapun. Hal ini akan membantu kalian mengatur dan mengetahui kemana saja uang yang mengalir. Dengan mengetahui itu semua, kalian bisa menekan kemungkinan untuk boros dan berfoya-foya yang membuat liburan menjadi mahal.

7. Pilih Tempat Oleh-Oleh yang Murah

Hal ini harus menjadi pokok pikiran kalian yang terakhir, karena ini seringkali menjadi sumber pengeluaran terbesar saat liburan. Membeli oleh-oleh dan beberapa barang sangat dianjurkan supaya kalian dapat mengenang momen-momen liburan kalian, tetapi jangan jadikan belanja sebagai prioritas utama. Carilah tempat berbelanja yang murah tapi bagus. Biasanya berbelanja di pasar tradisional akan lebih murah dan beragam daripada toko cinderamata.

Jadi siapa bilang pergi liburan itu harus wah? Selama kalian bisa mengaturnya dengan baik, liburan hemat tetap bisa berkesan kok POPle. Happy holiday….

 

Main Photo: blog.klm.com

Inside Photo: travel365.it

(Visited 56 times, 1 visits today)