Punya Teman Kerja yang Malas? Hadapi dengan Sederet Cara Ini!

0
0
teman kerja

Punya rekan kerja yang malas seringkali membuat banyak pegawai jengkel. Punya Teman Kerja yang Malas? Hadapi dengan Sederet Cara Ini!

Memiliki rekan kerja yang super malas seringkali membuat banyak pegawai jengkel hingga terlibat konflik di kantor. Daripada bertengkar dengan rekan kerja yang malas, terdapat banyak cara lain yang lebih positif guna mengatasinya.

Memang benar, tak hanya sering melimpahkan tanggung jawabnya pada pegawai lain, rekan kerja yang malas seringkali bermain-main saat berada di kantor. Tak segan-segan, sifat pemalasnya kadang ditularkan atau menular pada orang lain.

Padahal selama ini para karyawan selalu dituntut untuk bekerja keras demi memperoleh pencapaian karir yang lebih besar. Agar Anda tidak terganggu dengan rekan kerja yang malas dan kurang bertanggung jawab, berikut sederet trik menghadapinya.

1. Jangan Langsung Melaporkannya

Jangan pernah mengeluh atau langsung melaporkan para pegawai yang malas pada atasan. Biarkan saja atasan Anda mengetahuinya sendiri, jangan sampai Anda tampak tidak profesional karena melakukan hal tersebut. Namun jika aksi malas teman kerja di kantor sudah mempengaruhi produktivitas tim secara keseluruhan, laporkan hal tersebut sebagai fakta. Ingat, jangan pernah menunjukkannya sebagai keluhan.

FYI, Inilah Tipe Karyawan yang Paling Disukai Perusahaan!

2. Jangan Ubah Sikap Anda

Pahami bahwa rekan kerja yang malas sepatutnya tidak membuat Anda merasa marah atau terganggu. Pastikan Anda tidak mengubah pola kerja hanya karena rekan kerja yang malas di kantor. Jaga jarak saja agar Anda tidak terganggu dengan sikap malasnya.

3. Hindari Terbawa Malas Olehnya

Beberapa kali, Anda pasti mengetahui apa yang dilakukan para pegawai malas saat dia seharusnya bekerja. Tentu saja, rekan kerja yang malas banyak mengabaikan waktu produktifnya dan lebih sering melakukan hal yang tak penting. Jika mengetahui hal yang dilakukannya tidak benar, jangan pernah ikuti perilakunya. Pasalnya, seringkali rekan kerja yang malas mengajak teman sekantornya untuk berbuat serupa.

4. Jangan Berikan Bantuan

Bertemu dengan rekan kerja yang malas di kantor, sama sekali bukan urusan Anda. Artinya, hindari membantu dirinya karena itu akan membuatnya semakin malas dan hanya memanfaatkan orang lain untuk menyelesaikan tugasnya. Biarkan dia melakukan tugas dan tanggung jawabnya sendiri. Ingat, pekerjaannya bukan tanggung jawab Anda.

Inilah Beberapa Kesalahan Bos Yang Bikin Karyawan Resign!

5. Gunakan Sebagai Peluang

Kadang-kadang Anda dapat mengubah situasi yang buruk menjadi menguntungkan bagi diri sendiri. Saat memiliki rekan kerja yang pemalas, manfaatkan kondisi itu untuk menjadi pimpinan. Tunjukkan Anda bekerja lebih rajin dari yang lain. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah naik jabatan.

Employees don’t need to be best friends, but there does need to be a level of mutual respect and understanding. – Kathryn Minshew –

(Visited 190 times, 1 visits today)