Benarkah Keseringan Minum Teh Hijau Bisa Mempersulit Kehamilan?

0
25

Kehamilan kabarnya akan sulit apabila keseringan minum teh hijau

Teh hijau sudah sejak lama dikenal sebagai minuman yang kaya manfaat. Selain mampu lenyapkan jerawat di area wajah, minuman tersebut juga diklaim dapat mengatasi stres, membakar lemak tubuh, mengontrol kolesterol, mencegah kanker kolorektal, bahkan sanggup melawan Alzheimer serta Parkinson.

Namun di balik semua itu, teh hijau ternyata menyimpan dampak buruk yang sangat mengerikan. Menurut studi yang dipublikasikan dalam Journal of Functional Food, keseringan minum teh hijau diklaim dapat memengaruhi kesuburan, atau dengan kata lain mempersulit kehamilan.

Benarkah Keseringan Minum Teh Hijau Bisa Mempersulit Kehamilan?
Teh hijau dapat memengaruhi kesuburan.

Fakta tersebut diperoleh setelah ilmuwan melakukan riset terhadap 48 ekor lalat buah. Dalam prosesnya, seluruh lalat diberikan polifenol, antioksidan yang tersemat dalam teh hijau, dalam dosis yang berbeda. Periset kemudian melakukan bedah pada organ reproduksi lalat untuk memeriksa kandungan air, lipid, dan protein, lalu menguji toksisitasnya.

Setelah diuji, lalat betina yang diberikan 10 miligram polifenol (dosis tinggi untuk lalat) diketahui mengalami penurunan yang signifikan dalam hal reproduksi. Selain itu, bayi lalat (jantan dan betina) yang induknya diberi polifenol juga terbukti mengalami kelainan pada kelaminnya.

“Pada bayi lalat jantan, terdapat ukuran testis yang lebih kecil dari bayi lalat pada umumnya. Sementara pada bayi lalat betina terdapat struktur ovarium yang lebih kecil dan telur yang kurang matang,” ujar peneliti seperti dilansir Women’s Health.

Secara keseluruhan, lanjut periset, dampak negatif polifenol tersebut sejatinya lebih besar terjadi pada lalat betina ketimbang lalat jantan. Satu hal yang perlu Anda catat, penelitian itu hanya dilakukan pada lalat buah (bukan pada manusia) dalam skala yang sangat kecil. Singkatnya, masih diperlukan studi lebih lanjut untuk mengetahui apakah keseringan minum teh hijau juga memengaruhi kesuburan wanita atau tidak.

Baca juga: Pria, Ini 5 Teh Paling Paten Untuk Anda!

Poin yang tak kalah penting , jika pasangan Anda sedang program kehamilan atau malah sedang mengandung, ada baiknya kunjungi dokter untuk melakukan konsultasi secara rutin. Tugas Anda adalah tanyakan pada dokter tentang makanan-minuman apa saja yang boleh dan tak boleh dikonsumsi jika ingin hamil atau saat hamil. Dengan begitu, Anda pun bisa terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan.

Siap sampaikan info ini pada pasangan Anda?

 

Oh ya, jika Anda ingin nikmati teh hijau yang nikmat dan berkualitas, Anda bisa mengeceknya di sini! Kuncinya, konsumsilah dalam jumlah wajar!

(Visited 1,540 times, 1 visits today)