Ingin Mengadopsi Kucing? 4 Hal Ini Harus Kamu Persiapkan Terlebih Dahulu

0
1
mengadopsi kucing

Selain anjing, kucing merupakan hewan yang paling banyak dipelihara oleh manusia. Meskipun kepribadiannya tidak seperti anjing yang setia pada tuannya hingga akhir hayat, kucing sangat mudah beradaptasi dan bisa mengenali manusia yang menjadi tuannya dengan baik. Mengadopsi kucing adalah hal yang menyenangkan.

Mahluk berbulu dan berkaki empat yang satu ini masih memiliki hubungan kekeluargaan dengan singa dan harimau, akan tetapi kepribadiannya tidak sebuas hewan – hewan yang tinggal di hutan rimba. Kucing domestik cenderung bersikap ramah dan mudah akrab dengan manusia.

Jika kamu ingin mengadopsi kucing, sebaiknya memperhatikan hal ini terlebih dahulu.

Perhatikan usia

Anak kucing cenderung diadopsi pada usia enam minggu, namun usia adopsi kucing idealnya adalah 10 hingga 12 minggu. Memberikan waktu bagi anak kucing bersama induk dan saudara – saudaranya akan membantu kucing untuk belajar perilaku yang semestinya.

Jika kucing masih berusia terlalu belia saat diadopsi, mereka akan kebingungan dan cenderung memilih untuk menghindari interaksi dengan manusia.

Berikan tempat tinggal yang hangat

Bukan hanya hangatnya kasih sayang yang kamu berikan, tempat tinggal yang bertemperatur hangat juga dibutuhkan oleh anak kucing. Sediakan tempat tidur berupa kotak kardus yang dilapisi dengan bantalan kasur dan selimut untuk memberikan kehangatan.

Jauhkan pula tempat tidur mereka dari bagian rumah yang cenderung sering dilalui oleh anggota keluarga agar istirahat mereka tidak terganggu.

Menyediakan kotak pasir

Berbeda dengan anjing, kucing memiliki insting membuang kotoran mereka pada tumpukan pasir dan menguburnya. Melatihnya tidak sulit, namun membutuhkan kesabaran.

Letakan kotak pasir didekat tempat tidurnya, dan ketika mereka terjaga dari lelapnya tidur, anak kucing akan secara otomatis menuju tempat tersebut untuk membuang kotoran.

Bulu rontok

Kucing cenderung menyukai makanan yang amis dan asin seperti ikan, oleh karena itu kerontokan bulu adalah hal yang alami. Jika kamu ingin mengadopsi kucing, kamu harus siap menghadapi bulu yang bertebaran dan menempel dimana – mana.

Siapkan lint roller yang bisa kamu dapatkan di petshop atau pusat perbelanjaan agar mudah membersihkan bulu – bulu yang menempel.

(Visited 3 times, 1 visits today)