Jangan Sampai Suka Cemas! Ini 5 Dampak Buruk Jika Suka Cemas

0
4

Rasa cemas yang berlebihan bisa bikin stres berkepanjangan. Stres punya dampak buruk bagi mental dan fisik. Apalagi kalau suka cemas!

 

Ya, para ahli kesehatan bilang agar kita jangan pernah pendam masalah terlalu lama dan selalu menghadapi masalah dengan kepala dingin.

Apalagi kalau suka cemas. Duh, jangan sampai deh!

Ngomongin rasa cemas, nyatanya ada beberapa dampak buruk yang bisa timbul jika kita nggak bisa mengelolanya dengan baik.

Seperti?

 

#1   KEPALA JADI BERMASALAH

Sebagaimana dilansir Boldsky, orang yang sering mengalami stres punya korteks prefrontal lebih kecil ketimbang mereka yang tak mengalaminya. Korteks prefrontal merupakan wilayah otak yang bertugas mengontrol emosi.

 

Olahraga Ini Yuk, Agar Kamu Menjadi Pria Sejati!

 

#2   GAMPANG SAKIT

Tingkat imunitas bisa menurun jika kita sering banget merasa cemas secara berlebihan. Jika dibiarkan terus, tubuh rentan sejumlah jenis penyakit. Pilek jadi salah satunya. Jadi jangan pernah anggap tubuh pas sedang flu! Bisa jadi itu petanda kita lagi stres…

 

#3   LIBIDO TURUN

Tingkat kecemasan yang tinggi juga bisa berdampak buruk ke kehidupan seksual. Hal tersebut dapat berakibat pada menurunnya tingkat kesuburan dan membuat Anda kehilangan gairah untuk berhubungan seks.

 

#4   BIKIN CEPAT TUA

Jika tak ingin cepat tua, hindarilah cemas secara berlebihan. Ada studi yang menjelaskan, rasa cemas berlebih berpotensi besar menyebabkan sel-sel tubuh menua lebih cepat yang pada akhirnya membuat rambut beruban, penglihatan melemah, hingga kulit keriput. Aduh…

 

Fakta Fresh: Orang Rajin Olahraga Intens Lebih Awet Muda

 

#5   JANTUNG

Ini bukan makan hati. Tapi beneran bisa kena serangan jantung, loh! Pastinya nih, kata sejumlah riset, terlalu sering merasa cemas akan berdampak buruk bagi kesehatan jantung. Kata peneliti, cemas berlebihan bisa meningkatkan risiko serangan jantung sebesar 30 persen.

 

Yuk, daripada cemas mendingan buka POPULAR NOW buruan download versi PlayStore ini dan ini versi iOS -nya!

(Visited 24 times, 1 visits today)