Awas, Penyakit Jantung Hantui Pria Bertubuh Pendek !

0
7

Apakah Anda pria bertubuh pendek? Jika ya, Anda patut berhati-hati ! Kenapa? Menurut sebuah studi terbaru di University of Leicester, orang dengan tubuh pendek berisiko lebih besar terserang penyakit jantung koroner ketimbang orang bertubuh tinggi. Kok bisa?

Dijelaskan Steve Burgess, Ph.D, penulis dalam penelitian tersebut, kolesterol jahat serta trigliserida yang terdapat dalam tubuh pria bertubuh pendek sangatlah tinggi. Kata dia,”Kedua faktor tersebut berkontribusi besar dalam pengembangan plak koroner yang sejatinya bisa meningkatkan risiko penyakit jantung”.

Senada dengan Steve, salah seorang periset bernama Tim Assimes, M.D., Ph.D juga mengamini kesimpulan tersebut. Diungkapkan Tim, pria bertubuh pendek memang cenderung memiliki hati yang lebih kecil. “Akibatnya, potensi penyumbatan pembulu darah pun menjadi lebih besar” ujarnya.

Kendati demikian, ada pula berita baik bagi Anda yang bertubuh pendek. Apa itu? Pria dengan tubuh pendek diklaim berisiko lebih rendah terkena penyakit kanker. “Ya, perlu Anda ketahui, orang bertubuh tinggi memiliki banyak sel dalam tubuhnya. Itu artinya ada kesempatan lebih tinggi pula untuk sel-sel penyebab kanker tersebut bermutasi” pungkas Tim.

Lebih lanjut, kedua periset tadi menuturkan, potensi penyakit jantung koroner sendiri sebenarnya bisa ditekan dengan cara yang sangat mudah. Caranya? Anda cukup menerapkan pola hidup sehat, seperti mengkonsumsi makanan bergizi, olahraga teratur, serta menghindari rokok. Tak lupa, kunjungilah dokter secara rutin agar gula darah dan tekanan darah Anda dapat selalu terpantau, demikian dilansir Menshealth.

(Visited 135 times, 1 visits today)