Jadi Keren dan Sehat di Tengah Rutinitas Kerja? Bisa!

0
0

  Kerja tapi nggak sehat? Duh!

 

Men sana in corpore sano jadi sebuah kalimat yang biasa dijumpai di halaman depan buku pelajaran Penjaskes (Pendidikan Jasmani dan Kesehatan). Kurang lebih artinya adalah di dalam jiwa yang sehat terdapat tubuh yang kuat. Tak perlu berfikir rumit namun banyak orang yang sepakat dengan makna ucapan yang lahir dari bahasa latin tersebut.

Seiring makin tersitanya waktu kaum urban dengan berbagai kesibukan rutinitas pekerjaan. Kadang perkara menjalani hidup sehat jadi harga yang sulit terbeli. Solusi mencapai pola hidup sehat dan tak melupakan peran penting olah raga pun muncul kemudian. Mulai dari nge-gym setelah pulang kerja, jogging  mengelilingi  stadion di kala akhir pekan  atau malah hanya dengan mendapatkan keringat hanya dengan duduk berkimono di fasilitas sauna sebuah spa.

Nah, ini saatnya untuk memulai hidup lebih sehat tanpa harus meninggalkan rutinitas kerja. Hmm paling tidak cobalah untuk keluar dari rutinitas alias Break The Routines.

 

Gunakan tangga

Ini sangat perlu dilakukan, terlebih kalau kantor Anda memang berada di gedung bertingkat. Jangan sia-siakan keberadaan tangga darurat yang ada. Meski dengan menggunakan lift akan membuat Anda tiba dengan segera ke lantai kantor. Namun coba pikirkan kembali berapa banyak kalori yang akan terbakar jika menggunakan tangga darurat. Lakukan dengan dengan santai dan jangan terburu-buru! Karena Anda sedang berusaha melakukan exercise di sela-sela jam kantor. Bukan sedang menjadi bagian Ghostbuster yang ingin menangkap hantu.

 

Desk press

Jangan hanya bisa menghabiskan secangkir kopi atau setoples camilan dari atas meja. Coba manfaatkan meja kerja Anda untuk melakukan desk press latihan ini akan memperkuat bagian atas dan tengah tubuh. Posisi tubuh berdiri menjauh beberapa cm dari meja, lalu buat posisi seperti push up berdiri lalu condongkan tubuh bagian atas ke depan dengan siku berada pada sudut 90 derajat dan tangan menempel di meja. Tahan posisi tersebut sambil memajukan salah satu lutut secara bergantian diikuti dengan 5 kali push up. Ulangi hingga 3-4 kali pengulangan.

 

Hah, Kerja Sebelum Pukul 10 Antarkan Penyakit Pada Tubuh?

 

Push up

Selain meningkatkan tingkat metabolisme dalam tubuh,  push-up juga sangat baik untuk mendapatkan berat badan yang proporsional. Selain itu keuntungan lainnya adalah push up sangat mungkin dilakukan di mana pun, termasuk di area kantor. Namun hal lain yang perlu diingat adalah coba lakukan push up  sesuai dengan aturan. Gunanya agar mampu mengurangi risiko cidera. Jadi, kalau belum terbiasa jangan coba-coba push up hanya dengan bertumpu pada satu tangan. Lagian Anda bukanlah Jet Lee yang sedang menyelesaikan syuting film ‘Fist of Fury’.

 

Gym ball

Kalau Anda masih merasa postur tubuh yang dimiliki selama ini tidak keren. Ini harus jadi latihan awal Anda sebelum menjalani aktivitas kerja di kantor. Kesulitan pasti akan dijumpai ketika melakukan push up, sit up atau pull up apalagi kalau memang Anda tak terbiasa. Dengan menggunakan gym ball Anda akan tetap bisa melakukan exercise yang bermanfaat bagi bentuk tubuh. Lakukanlah exercise dengan gym ball paling tidak selama 15 menit sehari-hari  disela kesibukan kerja Anda.

 

Barbell

Anda hanya tinggal menaruhnya di bawah meja kerja. Ketika salah satu tangan Anda memang sedang tidak melakukan kesibukan adalah saat tepat memainkan barbel. Namun apabila Anda memang orang yang belum terbiasa memainkan barbell, coba sesuaikan bebannya. Jangan sampai istilah ‘barbel melayang ‘jadi malah identik dengan diri Anda.

Karena kegiatan ini cukup memberikan banyak manfaat bagi banyak orang, cobalah untuk  foto dan posting aktivitas tersebut di social media. Paling tidak tak hanya berguna bagi Anda tapi juga banyak orang.

 

(Visited 467 times, 1 visits today)