Suka Ngemil Keju? Cek 5 Fakta Kelezatan Keju Bikin Nagih!

0
6

Keju adalah camilan yang populer di seluruh dunia

 

Keju adalah camilan yang cukup populer di seluruh dunia. Kepopulerannya bahkan menyamai susu sebagai bahan baku dasarnya.

Arkeologis telah membuktikan bukti terbaru bahwa keju awalnya dibuat dari susu kambing dan domba sejak tahun 8.000 SM. Malah referensi tentang keju sudah ada di Perjanjian Lama (kitab orang Nasrani) serta mitologi Roma dan Yunani kuno.

Meski tak ada bukti nyata dari mana keju berasal, namun banyak yang mengira keju pertama kali dikembangkan di Timur Tengah. Tujuannya waktu itu untuk mengawetkan susu selama musim panas.

Hingga saat ini terdapat ratusan keju dibuat di beberapa negara di dunia. Susu yang dibuat tidak hanya dari sapi, tetapi juga domba, kambing, dan kuda seperti yang dilakukan bangsa Mongolia.

Berikut adalah fakta mengenai keju yang enak itu!

 

1

Produsen Keju Terbesar di Dunia

Berdasarkan data pada 2006, Amerika Serikat menyediakan lebih dari 30% keju yang diproduksi di seluruh dunia, sekitar 4 juta ton. Jumlah ini cukup untuk memberikan sekitar satu kilo keju untuk setiap pria, wanita, dan anak-anak di planet ini.

 

2

Keju Termahal

Keju paling mahal di dunia diproduksi di Swedia. Keju ini dibuat dari susu tiga rusa yang disebut Gullan, Haelga, dan Juna yang berada di peternakan kecil di Bjursholm, Swedia. Meskipun hewan ini tergolong rusa yang jinak, namun harus diperah tak lebih dari dua jam hanya dalam bulan-bulan tertentu setiap tahunnya. Harganya? US$ 500 untuk setiap kilogramnya.

 

 

3

Konsumen Keju Tertinggi

Meskipun bahan baku makannya kebanyakan dari keju, tapi Perancis bukanlah negara konsumen keju tertinggi. Berdasarkan survei pada 2003, orang Yunani adalah konsumen keju tertinggi di dunia. Mereka rata-rata mengonsumsi 2,7 kilogram keju setiap tahunnya. Orang Perancis berada di urutan kedua dengan konsumsi 2,3 kilogram per tahun.

 

4

Keju Terpopuler

Cheddar adalah jenis keju yang paling populer dan paling banyak dikonsumsi penduduk dunia. Nama Cheddar diambil dari sebuah daerah kecil di Somersetshire, Inggris Raya.

 

Mau Camilan Paling Gokil di 2016? Yuk, Gigit Donat 24 Karat Ini!

 

5

Keju dari Susu Manusia

Sebuah peternakan kecil Le Petit Singly di Perancis membuat keju yang susunya berasal dari payudara wanita. Produsen mengklaim bahwa keju tersebut kaya akan vitamin dan memiliki rasa yang mirip dengan hazelnut. Duh … Mau! (Eh!)

(Visited 1,332 times, 1 visits today)