Doyan Touring? Ini Dia Tips Aman Touring dengan Sepeda Motor Kesayanganmu!

0
9

Menggunakan motor untuk bepergian jauh atau touring merupakan hal yang paling menyenangkan dan seru. Meskipun melakukan touring dengan sepeda motor terasa melelahkan karena harus mengendarai motor berjam-jam, namun rasa itu akan tergantikan ketika tujuan touringmu tercapai.

Itu sebabnya, pastikan kamu touring ke tempat yang indah agar lelahmu terbalas dengan tempat yang keren dan tidak sia-sia. Nah, kali ini kami akan mengulas sedikit mengenai cara ampuh Bikepacker aman dengan motor kesayangan kamu. Kamu bisa membaca langkah-langkah ini agar bisa  sebagai panduan. Yuk, langsung saja simak dibawah ini!

●     Perhatikan sepeda motor

Apapun jenis sepeda motor yang digunakan dan sekeren apapun itu kalian harus tetap membawanya ke bengkel dulu sebelum melakukan perjalanan jauh atau touring. Supaya terhindar kerusakan atau masalah lainnya, kamu harus cek rem, ganti oli, tekanan udara roda, dan setting kopling. Hal itu mencegah supaya touring tetap lancar serta tidak ada halangan apapun. Kamu juga harus memperhatikan keselamatan, jadi kamu juga wajib melindungi badan kamu dengan menggunakan helm atau jaket. Dan ingat, kamu harus membawa surat-surat kendaraan bermotor seperti SIM dan STNK agar mematuhi peraturan pemerintah.

  • Menyediakan Perlengkapan

Wajib menyiapkan jerigen cadangan untuk membawa bensin cadangan. Karena kamu tidak bisa memastikan apakah bensinnya akan cukup atau tidak apabila bensin kamu habis tiba-tiba dan pom bensin jauh. Lalu sediakan ban dalam cadangan kalau sewaktu – waktu ban bocor. Gunakan sarung tangan dan jaket, hal ini merupakan tips yang paling penting saat touring dan membantu menjaga badan kamu di kondisi dingin atau panas. Jangan lupa mempersiapkan jas hujan jika di perjalanan tiba-tiba hujan. Bawa tas daypack atau lebih bagus lagi kalau motor kamu sudah ada box. Kamu harus santai dan jangan kebut-kebutan saat perjalanan jauh, karena keselamatan adalah kewajiban yang perlu diperhatikan.

  • Kesehatan

Sebelum melakukan touring kamu harus pastikan tidur 8 jam karena lawan bagi para touring, yaitu ngantuk. Jadi kamu jangan memaksakan diri kalau kondisi kesehatan kurang fit karena itu bisa membahayakan. Setiap 2 jam sekali sebaiknya kamu menepi dan beristirahat sejenak agar tidak terlalu kelelahan karena kamu tetap harus konsentrasi saat mengendarai kendaraan. Dan juga harus mempersiapkan jalur atau rute yang ingin kamu lalui sesuaikan jalan dengan kondisi motor yang kamu pakai.

 

  • Membawa barang bawaan dan kunci motor cadangan

Bawa kunci cadangan motor untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan hindari bawa barang berlebihan. Karena apabila banyak barang bawaan akan membahayakan diri sendiri. Jangan terburu-buru dalam perjalanan agar semua baik-baik saja. Membawa kunci motor cadangan bertujuan untuk menjauhkan diri kita dari hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan kunci motor di saat beristirahat.

●     Melihat waktu libur

Perhatikan jarak dan waktu libur kalau liburan kamu hanya sebentar. Kamu harus mempersiapkannya lagi untuk touring. Karena touring membutuhkan jarak yang ditempuh lumayan jauh. Jangan terlalu memaksakan untuk waktu, sebab hal itu akan membuat touring kamu tidak memuaskan dan  terdesak-desak sehingga tidak ada waktu luang untuk dinikmati.

Semoga artikel ini dapat membantu dan memberikan saran untuk kamu yang ingin melakukan touring dengan motor. Pastikan selalu menjaga kesehatan diri dan orang lain.

(Visited 1,222 times, 1 visits today)