Bertemu Klien Bisnis? Perhatikan Hal Ini !

0
22

Lancar-tidaknya bisnis yang Anda jalankan tentu saja akan berpengaruh pada keuangan pribadi Anda. Begitu pula jika Anda berkeinginan memajukan bisnis tersebut. Jika modal yang Anda punya mumpuni, mungkin Anda bisa melakukannya seorang diri tanpa harus ada pihak lain yang menopang. Namun, bagaimana bagi Anda yang bermodal minim?

Ya, tentu harus ada pihak lain yang menunjang, yakni klien bisnis. Nah, jika kebetulan saat ini Anda tengah melakukan pendekatan dengan klien dan sudah menentukan waktu untuk bertemu, berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Buat perencanaan matang

Sebelum bertemu dengan klien bisnis, penting bagi Anda untuk merencanakan segala sesuatunya sematang mungkin. Mulailah dengan mempersiapkan materi tentang produk atau jasa yang ingin Anda tawarkan, hingga kesepakatan apa yang ingin dicapai dari pertemuan tersebut. Dengan begitu, sang klien pun yakin bahwa Anda serius ingin menjalin kerjasama.

Buat kesan profesional

Jika Anda terbiasa berpenampilan kasual, cobalah tampil sedikit lebih formal saat bertemu dengan klien bisnis. Ya, hal tersebut penting agar Anda terlihat profesional. Tak hanya itu, berpakaian rapih juga memberikan kesan pada klien bahwa Anda menghormati pertemuan tersebut.

Jaga sikap

Ingin pertemuan Anda dan klien bisnis berjalan lancar? Jika ya, bersikaplah secara profesional dengan  datang ke tempat pertemuan tepat waktu. Selain itu, hindari pula menggunakan ponsel saat meeting berlangsung. Dengan menerapkan hal tersebut, sang klien tentu saja akan merasa dihargai dan bukan tak mungkin tujuan Anda bekerjasama dengannya akan terealisasikan.

Catat poin penting pertemuan

Ingat, tujuan Anda menjalin kerjasama dengan klien adalah untuk memajukan bisnis yang Anda geluti. Oleh karena itu, usahakan jangan sampai ada poin yang terlupa, apalagi yang sejatinya menguntungkan bagi usaha Anda. Langkah terbaik, catatlah semua poin penting yang telah didiskusikan. Ya, cara tersebut juga ampuh untuk menghindari kesalahpahaman dikemudian hari.

Bagaimana, sudah siap bertemu dengan klien bisnis Anda? Semoga siap setelah membaca artikel ini !

(Visited 336 times, 1 visits today)