Cara Mudah Mengelola Keuangan Bagi Pebisnis Pemula

0
3

Omset yang didapat sudah besar, namun pada kenyataannya tak menyisakan laba sedikitpun di dalam kas usaha. Ya, itulah yang kerap dialami oleh pebisnis pemula. Jika Anda termasuk salah seorang yang mengalami hal ini, beberapa tip berikut bisa bantu Anda untuk mengatasinya.

Pisahkan keuangan pribadi dan usaha

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pebisnis pemula adalah tak memisahkan keuangan pribadi dan keuangan usahanya. Padahal, jika terus menerus dibiarkan terjadi, hal tersebut tentu saja akan menggangu arus kas usaha Anda. Solusi terbaik, pisahkanlah  keuangan pribadi dan usaha, sehingga  Anda dapat dengan mudah mengontrol pemasukan dan pengeluaran usaha yang sedang digeluti.

Tentukan porsi keuangan usaha Anda

Agar keuangan usaha Anda dapat terkelola dengan baik, tentukankalah porsi keuangan usaha Anda tersebut sebaik mungkin. Ya, mulailah dengan memilah biaya operasional, keuntungan, hingga uang cadangan kas usaha Anda. Dengan perhitungan keuangan yang matang, bukan tak mungkin  usaha Anda dapat berjalan lancar.

Buatlah pembukuan

Guna mempermudah evaluasi perkembangan usaha, penting bagi Anda untuk membuat sebuah pembukuan. Ya, dengan adanya pembukuan tersebut, pemasukan, pengeluaran, serta segala transaksi yang berhubungan dengan usaha Anda dapat terkelola dengan baik. Selain itu, cobalah untuk selalu mengontrolnya dengan cermat.

Oh ya, selain beberapa poin tadi, Anda juga perlu mendisiplinkan diri untuk tetap patuh pada pengelolaan uang yang telah diatur sebelumnya. Hal tersebut penting untuk menghindari pengeluaran-pengeluaran ‘siluman’ yang bisa berdampak buruk untuk keuangan usaha Anda.

 

(Visited 92 times, 1 visits today)