Ini Trik Menghemat Pemakaian Kuota Internet

0
0

Sebagai sarana informasi dan komunikasi, keberadaan internet memang sangat membantu dalam menunjang berbagai kegiatan sehari-hari. Bahkan, saking nikmatnya ber-internet ria, terkadang ada saja orang yang lupa bahwa aktivitasnya tersebut dibatasi oleh kuota internet. Sementara untuk bisa menikmatinya lagi, tentu saja diperlukan sejumlah uang untuk membeli pulsa internet.

Bagi yang berkantong tebal, berapapun biaya yang harus dikeluarkan selagi dirinya masih bisa berselancar di dunia maya mungkin tak jadi masalah. Namun, tak semua orang bisa seperti itu. Ya, adapula pengguna ponsel pintar yang malah ingin menghemat pemakaian kuota internetnya. Jika Anda termasuk salah satunya, berikut beberapa cara yang perlu Anda lakukan.

Manfaatkan WiFi Gratisan

Saat ini, jaringan WiFi sangat mudah untuk dijumpai. Jika Anda ingin menghemat pemakaian kuota internet, tak ada salahnya untuk manfaatkan fasilitas tersebut. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menanyakan password kepada pihak pengelola di tempat Anda berada.

Matikan koneksi internet saat tak digunakan

Cara lain untuk menghemat pemakaian kuota internet adalah dengan mematikan koneksi data saat sedang tak digunakan. Misalnya, pada malam hari sewaktu Anda tidur. Selain menghemat kuota internet, langkah tersebut juga ampuh untuk menghemat baterai ponsel atau modem Anda.

Jangan terlalu sering buka foto dan video

Jika Anda ingin menghemat pemakaian kuota internet, cobalah untuk jangan terlalu sering melihat foto atau video, baik itu melalui browser atau jejaring sosial. Pasalnya, aktivitas tersebut akan memakan paket data yang terbilang cukup besar. Jadi, bijaklah dalam menggunakannya !

Matikan fitur auto-update

Matikanlah fitur auto-update jika Anda ingin menghemat pemakaian kuota internet. Alasannya, fitur tersebut  seringkali menguras paket data cukup besar tanpa sepengetahuan Anda. Tenang, meski tak diaktifkan, aplikasi yang ada diponsel Anda masih bisa diupdate secara manual.

Matikan fitur auto-sync yang tak perlu

Auto-sync merupakan salah satu fitur yang berfungsi untuk mensinkronisasi gadget dengan server dari berbagai akun yang digunakan. Untuk menghindari ‘bocornya’ pemakaian kuota internet, ada baiknya jika Anda mematikan fungsi fitur tersebut pada aplikasi yang jarang dipakai.

Mudah bukan? So, tak ada salahnya untuk menerapkan langkah di atas mulai saat ini ! Ya, itu pun jika Anda masih sayang dengan isi tabungan di rekening.

(Visited 34 times, 1 visits today)