Anti Bokek Alias Kantong Kempes Abis Lebaran!

0
2
anti bokek, tips hemat

Bokek habis Lebaran memang kondisi paling menyebalkan.

Salah satu kebiasaan yang sering muncul atau kejadian berulang sehabis pulang kampung adalah bokek atau kantong kempes (tongpes), alias uang yang habis ludes nyaris tak bersisa. Pasti mau dong punya obat anti bokek biar keuangan nggak kehantam badai?

Anti Bokek Alias Kantong Kempes Abis Lebaran!
Anti Bokek Alias Kantong Kempes Abis Lebaran!

 

Kondisi saat gaji habis dan bahkan THR pun ludes tinggal kenangan, tentu jadi momen yang suram setelah lebaran. Ini adalah bukti mis-manajemen dalam pengelolaan uang. Namun apa mau dikata coba? Nasi sudah terlanjur menjadi bubur. Masih untung, kalau buburnya masih bisa disantap!

Dampak kantong bokek

Kalau sudah seperti ini, pasti baru kebingungan cari solusi. Mulai cari pinjaman, sampai cari gratisan bakal dijalankan buat bisa bertahan di tengah kondisi bokek. Untuk kamu yang masih single atau sendirian, bisa aja POPle ber-alasan “numpang” silaturahmi ke rumah-rumah saudara. Harapannya dijamu dengan santapan-santapan yang bisa bikin perut kenyang dan pastinya gratisan.

Walau bisa jadi jalan keluar sementara, cara seperti ini kurang dianjurkan dan kurang efektif diandalkan untuk atasi masalah bokek paska Lebaran. Karena solusi ini nampaknya tidak bisa berlaku bagi Anda yang telah berkeluarga. Lagi pula, solusi kantong bokek Anda tak hanya perkara isi perut kan?

Kenapa ‘Dada Rata’ Penting Dibanding ‘Dada Mentok’?

Pekerjaan sampingan (side job)

Ada baiknya, Anda punya solusi yang bisa mengatasi bukan cuma mengakali masalah kantong bokek. Misalnya coba untuk mendapatkan pekerjaan sampingan yang banyak dibutuhkan saat momen Lebaran.

Coba bayangkan kalau POPle mendapatkan pendapatan tambahan tanpa mengganggu dana simpanan atau investasi yang ada. Namanya juga pendapatan sampingan (side income),  sehingga bisa dong buat sandaran dana untuk bertahan (survive) terlebih dalam kondisi bokek.

Paling gampangnya, POPle bisa menghitung jumlah hari ke hari sampai awal bulan (bulan muda). Contoh : ambil dari pertengahan bulan, misal tanggal 11 dan akhir bulan tanggal 30, maka durasi-nya adalah selama 19 hari. Coba hitung berapa dana pengeluaran selama jangka waktu tersebut. Kalau sudah, tentukan cara bagaimana menutupinya. Atau, perhitungan tadi bisa jadi target pendapatan yang harus Anda dapatkan saat memulai pekerjaan sampingan.

Pendapatan tambahan bisa diperoleh dengan cara melakukan pekerjaan yang sifatnya bukan permanen tapi temporer, lebih ciamik lagi kalau bisa lobi agar uangnya diterima di depan. Pasti yang namanya kantong bokek bakalan teratasi!

Sebagai ilustrasi. Banyak pemilik hewan peliharaan kucing dan anjing yang akan cukup repot saat memutuskan mudik. Nah, coba pikirkan, ke mana hewan kesayangan mereka mesti dititipkan? Kebanyakan pasti memilih Pet shop yang memang menyediakan jasa penitipan hewan.  Namun kebanyakan Pet Shop mematok tarif relatif mahal untuk jasa ini.

POPle bisa memberikan jasa penitipan hewan tersebut dengan harga yang lebih bersaing, bukan?

Nah, selamat mencoba peluang-peluang lainnya, yang intinya harus bisa juga mendatangkan penghasilan tambahan untuk atasi masalah kantong bokek Anda paska lebaran

Untuk versi video-nya coba simak juga deh penuturan tips hemat versi  DEA Alexa. Salah satu finalis Miss POPULAR 2016 ini akan kasih pencerahan agar isi kantong POPle Jangan Sering “Dikocok”!

 

 

Nantikan video episode “Melek Fulus Bikin Mulus” selanjutnya ya…

Penulis: Arwani Pranajaya, CFP, RFC, AEPP, CSA.

(Visited 1,181 times, 1 visits today)