Merawat Mobil Tak Selalu Harus Ke Bengkel! Caranya?

0
7
merawat mobil

Merawat mobil pribadi tak selamanya harus dilakukan di bengkel. Pasalnya, ada beberapa bagian dari mobil yang bisa Anda rawat sendiri. Ya, tentu saja yang bersifat ringan dan tidak memerlukan keahlian khusus. Lantas, perawatan apa saja yang sebenarnya bisa dilakukan di rumah? Simak beberapa poin berikut ini.

 

Ganti oli Paling Penting Dalam Merawat Mobil

Mengganti oli mobil sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Anda bisa membeli oli di toko-toko otomotif lalu mempersiapkan berbagai perangkat pendukungnya, seperti seperangkat kunci, lap, sarung  tangan, corong, dan dongkrak. Untuk memastikan letak pembuangan oli, lihatlah buku panduan mobil Anda. Setelah Anda membuka penutupnya, tunggu hingga oli lama benar-benar habis lalu tutup kembali katup tersebut.

Isilah oli sesuai dengan takaran yang dianjurkan. Kemudian, hidupkan mesin mobil dan biarkan menyala beberapa saat. Oh ya, pastikan juga tak terjadi kebocoran pada saluran pembuangan. Jika ternyata terlihat rembesan oli, kencangkan lagi penutup pembuangan oli  tersebut.

Nah, simak video tips dari Miss POPULAR yang satu ini untuk Ganti Oli sendiri…

 

Busi dan saringan udara

Untuk dapatkan kinerja mesin yang maksimal, beberapa komponen mobil seperti busi dan saringan udara haruslah terawat dengan baik. Menggunakan jasa mekanik di bengkel untuk merawatnya? Hmm, rasanya tidak perlu, sebab Anda masih bisa melakukannya di rumah. Caranya? Lepaskan busi dari ‘rumahnya’ menggunakan kunci busi. Setelah itu, rendam busi dalam wadah yang berisi bensin untuk memudahkan keluarnya kotoran. Bersihkan busi dengan sikat khusus atau sikat gigi. Jika belum bersih, gunakanlah amplas untuk membersihkan bagian ujung elektroda. Bila perlu, pakai kompresor agar kotoran benar-benar hilang.

Begitupun dengan saringan udara. Komponen ini berfungsi untuk mencegah debu atau kotoran agar tak masuk ke ruang pembakaran. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk rutin membersihkannya. Lepaskanlah saringan udara lalu cuci menggunakan bensin bersih. Selain itu, gunakanlah semprotan udara bertekanan tinggi agar kotoran yang menempel bisa lenyap. Oh ya, sebelum busi dan saringan udara dipasang kembali, pastikan keduanya benar-benar kering.

 

Radiator

Perawatan mobil yang juga bisa Anda lakukan di rumah adalah merawat komponen radiator. Cobalah lakukan pemeriksaan rutin pada air radiator. Jika berkurang, tambahkan cairan pendingin khusus untuk menghindari terjadinya overheat pada mesin. Selain itu, pastikan tak ada kebocoran pada bagian ini. Jika ternyata bocor, segeralah sambangi bengkel sebelum kerusakan semakin parah.

 

Cairan wiper

Memang tampak sepele, namun bila tak dicek secara rutin cairan wiper bisa saja merepotkan Anda saat dibutuhkan. Untuk itu, cobalah selalu memeriksa kondisi cairan ini secara berkala. Pastikan cairan wiper masih cukup untuk membasahi permukaan kaca depan dan belakang mobil Anda. Ya, ini juga termasuk salah satu perawatan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

 

Perawatan bodi

Langkah paling mudah untuk merawat bodi mobil adalah dengan mencucinya jika terlihat sudah mulai kotor. Ya, tentu saja perawatan ini bisa Anda lakukan sendiri tanpa memerlukan bantuan orang lain alias jasa cuci mobil. Periksalah dengan teliti seluruh permukaan bodi. Jika terdapat baret halus, gunakanlah polesan bodi untuk menghilangkannya.

Pencuri Mobil Ini Selalu Kembalikan Kendaraan Dalam Kondisi Bersih!

 

Bagaimana, apakah Anda tertarik mencoba untuk mulai Merawat Mobil sendiri di akhir pekan ini?

(Visited 374 times, 1 visits today)