Bagi Guns N’ Roses, Lagu November Rain Terasa Begitu Sakral!

0
12
November Rain

Setiap tahun di bulan November, berbagai lagu dengan tema nama bulan ini bergema di seluruh dunia. Lagu November Rain Ternyata Begitu Sakral Bagi Guns N’ Roses…

Setiap tahun di bulan November, berbagai lagu dengan tema nama bulan ini bergema di seluruh dunia. Satu yang cukup ikonik adalah November Rain dari Guns N’ Roses (GNR). November Rain masuk dalam album Use You Illusion I yang dirilis pada 1991. Selama seperempat abad lagu ini terus diputar dan menjadi anthem tersendiri di bulan November.

Simak tujuh fakta menarik di balik November Rain.

1. Ditulis Axl Rose Sebelum GNR Berdiri

Guns N’ Roses tercatat berdiri pada tahun 1984. Namun Tracii Guns, rekan Axl Rose di grup LA Guns, pernah mengeluarkan pernyataan bahwa dia pernah mendengar Axl memainkan melodi November Rain pada tahun 1983. Disebutkan oleh Tracii bahwa Axl memainkan melodi November Rain setiap bermain piano. Namun Axl mengatakan kepada Tracii bahwa lagu itu belum selesai dia tulis.

2. Orkestra Sintetis

Suara string di awal dan latar lagu bukan hasil rekaman para pemain orkestra. Suara itu berasal dari synthesizer yang diramu oleh Axl sendiri. Saat rekaman lagu ini, Axl pun minta ditinggal sendirian di dalam studio dengan sebuah ember untuk buang air.

3. Salah Satu Lagu Terpanjang GNR

Awalnya, November Rain berdurasi 18 menit. Kemudian lagu ini “dipangkas” jadi 8 menit 39 detik. November Rain merupakan lagu terpanjang ketiga dalam katalog lagu GNR, setelah Coma (10 menit 13 detik) dan Estranged (9 menit 23 detik).

4. Video Klip yang Mahal

GNR tidak main-main dengan lagu November Rain hingga berani menggelontorkan dana sebesar USD1,5 juta untuk video klipnya. Video musik November Rain disutradarai oleh Andy Morahan, menceritakan pernikahan Axl Rose di sebuah kapel di padang pasir. Kapel itu dibangun langsung untuk keperluan syuting video dan memakan biaya yang tinggi.

5. Slash Tidak Paham Konsep Video Musik November Rain

“Sejujurnya, saya tidak paham (tentang November Rain). Itu sebuah konsep. Lagu itu sudah cukup menjelaskan tentang apa, tetapi video musiknya sangat kompleks,” kata Slash dalam wawancara dengan HuffPost Live, pada 2014. Dalam video itu, Slash tampak bermain gitar di depan kapel. Dia tidak terlibat secara langsung dalam konsep cerita video musik ini.

6. Dikritik Mike Portnoy

Mantan drummer Dream Theater, Mike Portnoy, pernah berkicau di Twitter pada 2014, “November Rain lagu klasik sepanjang masa, tetapi mengapa Matt Sorum mengisi fill yang SAMA PERSIS setiap 4 bar? (sebanyak 23 kali tepatnya!)”

7. Lagu yang Sakral

Slash pernah mengungkapkan pernyataan bahwa dirinya enggan bersinggungan dengan November Rain setelah hengkang dari GNR pada 1996. Dia tidak pernah membawakan November Rain dalam penampilan solonya, tidak lain karena sadar bahwa lagu itu sangat personal bagi Axl Rose. Slash juga pernah menyebut November Rain seperti lagu tema bubarnya GNR.

Seperti kita ketahui, lirik November Rain memang menyiratkan kisah cinta yang tragis. Namun diceritakan bahwa segala sesuatu pasti akan berlalu, dari kepedihan hingga dinginnya bulan November.

(Visited 557 times, 1 visits today)