Jarang Diketahui Orang, Ini 5 Efek Buruk Smartphone pada Kesehatan!

0
3
Kecanduan Gadget

Sekarang ini, banyak dari kita lebih mengutamakan membawa smartphone dibanding hal penting lainnya. Namun, ternyata ada efek buruk yang disebabkan oleh penggunaan smartphone. Apa saja?

 

Secara sadar, perkembangan smartphone memang memudahkan hidup. Namun sadarkah kamu bahwa smartphone juga membawa dampak buruk. Bila sudah kecanduan dan tak bisa lepas dari benda mati ini, maka menjadi sebuah tanda bahaya. Bahaya yang paling terasa adalah pada kesehatanmu. Dan mungkin efek buruk berikut ini belum kamu tahu sebelumnya..

1. Text Claw & Siku Ponsel

Text claw adalah sebutan untuk kondisi jari-jemari yang kram dan otot yang tegang atau sakit akibat keseringan menggeser menu, chatting dan main game di ponsel. Yes, lama pakai gawai akan bikin urat tangan jadi meradang. Persis sama dengan kondisi Siku Ponsel alias Cell Phone Elbow yang bikin jari telunjuk kesemutan setelah lama bengkok menggeser-geser layar sentuh.

2. Nomophobia

Persis dengan sederet phobia lain, kondisi ini muncul karena ‘rasa takut tak pegang gawai di tangan’! Studi di Inggris yang mengambil sampel 1,000 orang menghasilkan fakta 66 persen orang takut kehilangan gawai atau takut tak bawa gawai. Begitu lupa bawa gawai, diri jadi gelisah tak tenang!

Yuk Lakuin Segala Hal yang Bermanfaat di Hari Minggu Ini…

3. iPosture & Text Neck

Menunduk sembari memakai gawai selama berjam-jam bisa menghancurkan kondisi leher dan menyakiti otot-otot punggung! Nah, para dokter sering menyebut kondisi tersebut dengan ‘iPosture’ dan ‘Text Neck’ untuk menyebut kondisi stres di bagian leher.

5. Sindrom Phantom Pocket Vibration

Disebut seperti di atas karena sebanyak 89 persen orang selalu mengalami ‘seolah-olah ponsel atau gawai mereka menyala bergetar padahal tidak’. Ini terjadi pada mahasiswa dan pelajar yang suka chat dan aktif di media sosial. Dengan kata lain, sindrom ini selalu gelisah jika gawai mereka tak bordering!

ASEAN NCAP Berikan Dua Penghargaan Standar Keselamatan Tertinggi Untuk Honda CR-V

6. Sindrom penglihatan

Yes, terlalu lama menatap layar gawai dan terlalu sering men-scrolling lusinan kicauan Twitter bisa buat mata jadi tegang, tatapan kabur dan pusing. Mata kabur dan leher pegal bisa bikin kepala pusing!

 

(Visited 398 times, 1 visits today)