Fakta Panas Nexus 6, Nexus 9 dan OS Android Lollipop

0
3

Perang bintang ala Star Wars makin seru antara dua raksasa gadget, Apple dan Google. Jika Apple siap tempur dengan iPhone 6 dan varian terbarunya lalu, Google siap dengan versi terbaru Nexus dan tablet!

Ya, tampaknya Google tak ingin Apple jadi penguasa kotak-kotak kado Natal nanti. Untuk itu ponsel pintar Nexus 6, tablet Nexus 9 dan boks streaming Nexus Player dan tentu, sistem operasi Android 5.0 alias Lollipop! Semua varian tersebut sudah bisa di-pre-order akhir Oktober ini sedangkan versi terbaru Android tadi sudah bisa meluncur ke varian-varian Android lama beberapa minggu ke depan.

Bodi varian Nexus 6 dirakit Motorola dan akan berlangsung selama 12 bulan ke depan. Itu termasuk sistem operasi Android 5.0 Lollipop. Tapi tak demikian halnya dengan tablet Nexus 9, karena jadi tugas HTC lah yang merakitnya. Android TV Nexus Player juga akan mengikuti.

 

Nexus 6

Nexus 6 hadir dengan tampilan cukup sangar: layar 5.96 inci, ketajaman 1440 x 2560 piksel dan ini membuatnya tampil lebih besar dari iPhone 6 Plus! Kontur bodinya terbuat dari frame aluminium, disekat dengan kamera 13 megapiksel dan dua pengeras suara stereo. Itu masih termasuk Turbo Charger yang bisa bertahan hingga enam jam meski baru di-charge selama 15 menit! Varian ini sudah bisa dipesan 29 Oktober dan dibandrol seharga 649 dolar Amerika!

 

Nexus 9

Kehadirannya seolah-olah untuk menggantikan baik Nexus 7 dan Nexus 10. Rakitan HTC ini punya layar 8.9 inci dengan resolusi 2048 x 1536 piksel. Bodinya dipoles dengan rangka metal, dan disemat kamera 8 megapiksel. Itu masih ditambah dengan menu kibord pilihan jika pengguna ingin mengubahnya jadi format laptop! Pesanan sudah bisa dilakukan sejak 17 Oktober dengan harga dimulai dari angka 399 dolar AS (untuk model basic)!

 

Android L

Sistem operasi yang sempat diumumkan pada Juni lalu ini akhirnya resmi menyandang nama Android 5.0 Lollipop. Desain formatnya penuh banyak warna-warni dan look yang flat. Tentunya bisa di-instal di Nexus 6 dan Nexus 9, dan diikuti bisa diadopsi gadget Android lama beberapa minggu ke depan. Bedanya? Android 5.0 punya muka dengan kontrol notifikasi yang lebih baik, ketahanan batere yang lebih lama dan bisa disemat pada berbagai perangkat ponsel dan elektronik lain.

 

Nexus Player

Nah, perangkat ini berhasil diciptakan Google berkolaborasi dengan Asus. Idealnya, Nexus Player adalah platform TV Android yang baru akan dijual November nanti. Tentu saja perangkat ini dibuat untuk ‘melawan’ Apple TV! Jadi jangan heran kalau player ini bisa me-stream film, musik dan video-video dan tentunya … bermain games!

 

Hmmm … Di atas kertas, sederet varian Nexus memang layak jadi pesaing varian terbaru Apple. Meski Google lebih memilih berpromo via posting-an blog daripada harus menggelarnya via media. Mana pemenangnya? Kita tunggu saja serangkaian tes yang akan muncul nanti!

 

 

berbagai sumber

 

(Visited 117 times, 1 visits today)