Pulpen Ajaib Ini Sanggup Bikin Lampu Menyala!

0
14

Cukup tarik garis dengan pulpen ajaib ini, maka lampu akan menyala

Dalam cuplikan video yang diunggah ke YouTube, cara kerjanya sangat sederhana, cukup gambarkan garis pada komponen rangkaian listrik yang telah dibentuk, maka lampu akan menyala. Pengerjaan yang dilakukan dengan menggunakan pulpen dan kertas khusus ini serasa memperlihatkan sebuah kejaiban.

Berbagai alat elektronik seperti lampu, mobil mainan dan kincir angin mini bisa berfungsi setelah pulpen ini menyatukan sambungannya. Melihat dari bentuknya yang seperti pulpen biasa, tak akan ada yang menyangka jika fungsinya lebih dari sekedar alat tulis.

Dilansir dari Reuters, pulpen bernama ‘Cirkuit Marker’ merupakan hasil karya dari perusahaan asal Jepang, AgIC Inc. Ini adalah pulpen elektrik yang dilengkapi dengan kertas khusus berisi sistem elektronik.

Bagaimana cara kerjanya?

Pulpen Ajaib Ini Sanggup Bikin Lampu Menyala!

Ketika POPle coba untuk menggoreskan pena sesuai dengan pola yang dibentuk, tinta pulpen yang mengering seketika akan berubah menjadi konduktor atau penghantar listrik. Ini mampu mengaktifkan komponen pendukung seperti baterai dan lampu LED. Sirkuit listrik hasil gambaran tangan ini mampu menahan tegangan sampai 100 volt.

Menikmati Kota New York, Fotografer Asal Jepang Ini Berikan Cara yang Tak Biasa

Shinya Shimizu, CEO AgIC Inc menjelaskan, “Anda bisa menggunakannya untuk tujuan keamanan dengan menambah sensor elektrik di seluruh bagian gedung. Kami berpikir menggabungkan semuanya dengan mencetak sirkuit elektrik untuk semua permukaan bangunan atau rumah,” terangnya.

Pulpen Ajaib Ini Sanggup Bikin Lampu Menyala!

Memanfatkan waktu, perusahaan pembuat pena ini berencana akan mengembangkan teknologinya. Misalnya dengan membuat pola rangkaian listrik dalam wallpaper agar lebih aplikatif bagi rumah tangga. Cara ini dinilai lebih efektif daripada membuat sirkuit listrik.

Pembuatan satu prototipe sirkuit menghabiskan biaya ¥ 50 ribu sampai ¥100 ribu atau sekitar Rp 6,1 juta- Rp 12,3 juta. Dan untuk waktu bisa berlangsung selama satu minggu. Sementara pulpen bertintakan elektrik ini dijual seharga US $ 14,99 atau setara Rp 190 ribu dan kertasnya US $ 37,49 atau Rp 490 ribu.

Bagaimana, tertarik? Atau jika kurang ahli dalam mengikuti pola, POPle bisa kok langsung membeli lampu di sini, mulai dari lampu biasa hingga hias tersedia dengan berbagai macam bentuk dan harga.

(Visited 782 times, 1 visits today)