5 Aturan Bercukur Yang Wajib Pria Tahu

0
3

Banyak pria tak sadar telah melakukan kesalahan saat melakukan pencukuran, baik jenggot atau kumis. Parahnya, hal itu kerap dianggap sebagai masalah sepele oleh mereka. Tergerak untuk mengatasi permasalahan itu, seorang master cukur dari Truefitt & Hill bernama Daniel Rawlinson pun membagikan pengalamannya. Menurutnya, ada 5 aturan mutlak yang sejatinya wajib pria tahu dalam hal cukur-mencukur. Berikut ulasannya !

Hindari mencukur terlalu sering

Rawlinson mengatakan, hindarilah mencukur jenggot-kumis terlalu sering (baca: tiap hari). Kenapa? “Alih-alih mendapatkan wajah tanpa bulu sedikit pun, terlalu sering mencukur malah akan membuat jenggot-kumis Anda semakin menebal” ujarnya.

Jangan pernah menekan pisau cukur terlalu dalam

Untuk membersihkan kumis sampai ke pangkal, banyak pria melakukan pencukuran dengan cara menekan pisau cukur terlalu dalam. Jika Anda pernah melakukan hal itu, cobalah untuk tak mengulanginya lagi. Pasalnya, menekan pisau cukur terlalu dalam berpotensi besar menyebabkan iritasi kulit.

Gunakanlah pisau baru saat mencukur

Banyak pria beranggapan bahwa mencukur jenggot-kumis menggunakan pisau lama lebih nyaman. Ya, memang tak ada yang salah. Namun, perlu Anda ketahui, pisau tua memiliki beberapa kekurangan, seperti mengandung banyak bakteri serta tidak lagi tajam. Nah, karena faktor tumpul itu lah sebagian orang cenderung melakukan penekanan saat mencukur. Dan seperti yang telah dijelaskan tadi, menekan pisau cukur terlalu dalam akan berdampak buruk bagi kulit Anda.

Jangan pernah berenang sehabis bercukur

Dijelaskan Rawlinson, pori-pori kulit akan terbuka sedikit lebih lebar setelah bercukur. Karenanya, ia menyarankan agar Anda jangan pernah berenang sehabis melakukan perawatan tersebut. “Berenang setelah bercukur dapat menyebabkan kulit jadi infeksi. Ya, itu karena air kolam yang kotor akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori kulit yang terbuka. Idealnya, jika ingin berenang, tunggulah setidaknya setelah satu jam” pungkasnya.

Jangan menggesekkan pisau cukur di daerah yang sama

Untuk hasil yang maksimal, pria biasanya akan mengoleskan krim khusus ke wilayah yang ingin dipangkas. Kata Rawlinson, mencukur dengan pisau baru sebenarnya sudah mampu menghilangkan rambut dalam sekali gesekan. Oleh karena itu, hindarilah menggesekkan pisau cukur di wilayah yang sama berulang-ulang. Perlu dicatat: Hal tersebut penting untuk menghindari terjadinya kulit mengelupas dan iritasi, demikian dilansir Health Me Up.

Nah, jadi mulai sekarang jangan Anda asal pangkas sembarangan!

(Visited 244 times, 1 visits today)