Atur Kadar Gula Anda Saat Berbuka Puasa

0
2

“Berbukalah dengan yang manis”. Ya, kami yakin kalimat itu familiar di telinga Anda.  Terkait hal itu, sejumlah ahli kesehatan memang menyarankan bagi Anda yang berpuasa untuk mengkonsumsi makanan manis saat berbuka. Tujuannya: Untuk menaikkan gula darah yang turun selama puasa.

Kendati demikian, namun Anda tak disarankan melahap makanan berpemanis sesuka hati. Pasalnya, konsumsi gula berlebih bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda. Berikut beberapa efek negatifnya:

Jantung

Para ahli kesehatan mengatakan, hindarilah mengkonsumsi gula berlebih saat berbuka puasa. Dikatakan mereka, gula dapat mempengaruhi mekanisme pemompaan jantung, meningkatkan trigliserida, kolesterol jahat, serta meningkatkan risiko gagal jantung.

Picu kanker

Kelebihan gula berpotensi besar menyebabkan peradangan. Selain itu, peningkatan kadar insulin yang berkepanjangan juga bisa memicu terjadinya kanker.

Merusak hati

Sebelum merangsek ke aliran darah, gula terlebih dulu akan melewati hati. Di sana, hati akan memproses dan mengubahnya menjadi glukosa atau fruktosa. Nah, jika Anda mengkonsumsi banyak gula, itu artinya hati akan mengubah fruktosa menjadi lemak. Jika dibiarkan terus menerus terjadi, hati pun lambat-laun akan mengalami kerusakan.

Sebabkan diabetes tipe 2

Penumpukan glukosa dalam darah sangatlah berbahaya. Bila tak ditangani dengan baik, kadar gula darah dalam tubuh akan terus melambung dan bisa berakibat pada diabetes tipe 2, demikian seperti dilansir Healthmeup.

Tingkatkan risiko kematian dini

Ini merupakan dampak kelebihan gula yang paling buruk. Peneliti memaparkan, konsumsi gula berlebih dapat memperpendek umur seseorang. Tahun 2013 lalu, sejumlah periset menemukan fakta bahwa 180.000 kematian di seluruh dunia disebabkan karena konsumsi minuman manis yang berlebihan.

Sudah tahu kan dampak buruknya? Jadi, mulailah batasi asupan gula Anda saat ini juga !

(Visited 90 times, 1 visits today)