Oh La La, Ternyata Ini Alasan Jangan Pernah Duduk dengan Kaki Menyilang!

0
13

Duduk santai memang nikmat apalagi dengan menyilangkan kaki. Eh, tapi kok kenapa duduk dengan kaki menyilang dilarang?

 

Sengaja atau tidak, kita seringkali menyilangkan kaki pas sedang duduk . Jika termasuk salah seorang yang kerap melakukannya, mulailah hilangkan kebiasaan tersebut saat ini juga.

Kenapa?

Sejumlah studi menyebutkan duduk dengan kaki menyilang punya dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Berikut beberapa efek yang bisa ditimbulkan:

 

Sakit punggung dan leher

Sakit punggung dan sakit leher adalah dua akibat yang bisa ditimbulkan duduk dengan kaki menyilang. Menurut Vivian Eisenstadt, posisi tersebut bisa sebabkan rotasi pada tulang panggul. “Makin lama Anda duduk menyilangkan kaki, maka makin banyak pula tekanan di tulang belakang,” ujar ahli ortopedi ini.

 

Menyilang kaki memang enak tapi …

 

 

Tingkatkan tekanan darah

Kebiasaan duduk menyilangkan kaki juga bisa akibatkan tekanan darah jadi naik. Penjelasan medisnya: Duduk dengan kaki menyilang akan menghambat peredaran darah. Sementara darah yang ada di kaki sendiri harus dipompa kembali ke jantung. Jika darah sulit mencapai jantung karena hambatan tadi, tekanan darah pun akan meningkat.

 

Wah, Dari 5 Gestur Kaki Wanita Kita Bisa Tahu Si Dia Tertarik atau Tidak!

 

Kerusakan saraf kaki

Ahli penyakit kaki, Richard Gaves, memaparkan, duduk dengan kaki menyilang akan menekan saraf peroneal yang jadi saraf utama pada kaki. Tekanan tersebut, lanjut Richard, bisa menyebabkan mati rasa atau kelumpuhan sementara di beberapa otot kaki. “Jika dibiarkan terus menerus terjadi, bukan tak mungkin bakal merusak saraf-saraf kaki,” pungkasnya.

 

Varises

Sejumlah periset menyebutkan varises disebabkan beberapa faktor, seperti genetika, kehamilan, paparan matahari, atau karena kebiasaan duduk terlalu lama. Namun, seorang ahli jantung di Cedars Sinai Medical Center mengemukakan hal lain. “Keseringan duduk dengan kaki menyilang juga berpotensi sebabkan varises. Perlu diketahui, duduk dengan posisi tersebut akan menghambat aliran darah di kaki yang pada akhirnya bisa melemahkan bahkan merusak pembuluh darah di daerah tersebut,” ucap Hooman Madyoon, MD..

 

Masih berani melakukannya? Semoga tidak setelah ngeh hal ini!

(Visited 870 times, 1 visits today)