‘Lahap’ Fast Food Sehabis Olahraga, Kenapa Tidak?

0
2

Selama ini makanan cepat saji kerap dikait-kaitkan dengan sejumlah penyakit berbahaya. Sebut saja kanker dan jantung. Namun, sebuah penelitian yang baru-baru ini dilakukan menemukan fakta lain  yang sangat bertolak belakang.

Sebagaimana dilansir Mensfitness, makanan cepat saji macam  ayam goreng, burger, atau kentang, dipercaya mampu membantu Anda dalam pemulihan pasca latihan yang melelahkan. Hasil penelitian tersebut diterbitkan dalam International Journal of Sports Nutrition and Exercise Metabolism.

Guna membuktikan kesimpulan tersebut, tim peneliti dari University of Montana’s Department of Health and Human Performance menganalisis biopsi otot serta sampel darah 11 pria yang berprofesi sebagai atlet sepeda. Dalam pengujiannya, responden dibagi menjadi 2 kelompok, di mana masing-masing mereka diminta untuk bersepeda selama 90 menit.

Setelah perjalanan usai, satu kelompok diminta untuk mengkonsumsi suplemen olahraga, sedangkan kelompok satunya disuguhkan makanan cepat saji. Setelah dilakukan serangkaian uji, hasilnya pun ditemukan !

Dikatakan periset, kedua kelompok sama-sama mengalami pemulihan tubuh yang sangat cepat. “Kami tak menemukan perbedaan yang signifikan. Dengan begitu, jelas sudah bahwa makanan cepat saji juga punya dampak positif bagi tubuh Anda” terang peneliti.

Lebih lanjut, peneliti juga memaparkan, melahap makanan cepat saji setelah berolahraga sebenarnya tidak masalah. “Meski demikian, bukan berarti Anda bisa melahapnya sesuka hati (baca: berlebihan). Perlu ada batasan untuk hal itu. Makan fast  food dalam porsi kecil bisa jadi pilihan tepat” pungkas Brent Ruby, Director of UM’s Center for Work Physiology and Exercise Metabolism.   

 

 

(Visited 60 times, 1 visits today)