Occipital Neuralgia: Penyakit Mengerikan Gara-Gara Sering Main Gadget !

0
4

Sering menghabiskan banyak waktu bermain gadget? Jika ya, berhati-hatilah Anda ! Pasalnya, baru-baru ini, ada seorang jurnalis yang mengalami kondisi mengerikan gara-gara kebiasaannya menggunakan perangkat tersebut.

Namanya Adam Estes. Ia harus menerima pil pahit terkena penyakit saraf terjepit karena kebiasaaan buruknya. Sebagaimana dilansir Daily Mail, Adam mengatakan bahwa dirinya kerap merasakan sakit di bagian leher disertai mati rasa di bagian kepala.

Setelah melalui serangkaian pemeriksaan, Adam didiagnosis menderita occipital neuralgia. Penyakit tersebut terjadi pada saraf yang terletak di antara tulang belakang dan leher bagian atas.

Dikatakan ahli dari John Hopkins Medicine, occipital neuralgia biasanya diawali dengan rasa seperti tersengat listrik, kesemutan, hingga nyeri. Tak hanya itu, pada beberapa kasus, ada pula yang merasakan kepalanya sangat sensitif terhadap sentuhan, sekalipun hanya sentuhan ringan.

“Occipital neuralgia merupakan penyakit saraf yang sifatnya akumulatif. Penyakit ini akan muncul jika Anda kerap menunduk dalam waktu yang lama. Karenanya, jangan abaikan jika leher Anda sudah mulai merasa pegal saat bermain gadget” terang peneliti.

Studi yang dipublikasikan dalam Jurnal Surgical Technology International menjelaskan, ketika kepala membungkuk ke bawah, tekanan pada leher akan menjadi lebih kuat. Menurut ahli bedah tulang belakang dari New York, Dr. Kenneth Hansraj, menundukkan kepala ke depan hingga 60 derajat sama halnya dengan menambah tekanan serta beban pada leher sebesar 30 kg.

Menindaklanjuti hal tersebut, Hansraj menyarankan bagi Anda yang sering menggunakan gadget agar berhati-hati dengan dampak buruknya. Kata dia,”Untuk mencegah masalah kesehatan tersebut,  usahakan posisi kepala Anda tegak lurus saat bermain gadget. Dengan begitu, tulang leher pun tak akan terbebani”.

 

(Visited 1,962 times, 1 visits today)