Tata Tertib Mandi Yang Wajib Dilakukan!

0
7

Sejumlah riset yang dilakukan para ahli kesehatan menyebutkan, masih banyak orang belum mengetahui cara mandi yang baik dan benar. Banyak individu beranggapan bahwa keramas, membasuh tubuh dengan sabun, serta menyikat gigi sudah cukup untuk mendapatkan tubuh yang bersih dan segar.

Padahal, berdasarkan catatan periset, hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Menurut data yang berhasil dihimpun, ada beberapa kesalahan yang sering terjadi saat melakukan aktivitas di kamar mandi itu. Dan ya, jika dibiarkan terus menerus terjadi, kesehatan tubuh pun akan terganggu. Lantas, apa saja kesalahan tersebut? Berikut ulasannya !

Keramas tiap hari

Mencuci rambut setiap hari berpotensi besar menyebabkan kerusakan rambut (baca: kering dan rontok). Perlu Anda catat, minyak alami yang tersemat dalam rambut akan lenyap jika Anda keramas setiap hari.

Mandi dengan air panas

Hindarilah mandi menggunakan air panas! Kenapa? Air panas akan membuat kulit Anda jadi kering dan kasar.  Tak hanya itu, air panas juga dapat membuka pori-pori kulit yang pada akhirnya menyebabkan infeksi hingga jerawat.

Keringkan rambut pakai handuk

Jangan pernah mengeringkan atau menggosok rambut menggunakan handuk sehabis keramas ! Kata peneliti, rambut sangat rentan terhadap kerusakan ketika dalam keadaan basah. Solusi terbaik: Tepuklah rambut Anda dengan lembut dan biarkan dia kering secara alami.

Menyisir rambut dalam keadaan rambut basah

Sehabis mandi, banyak orang langsung menyisir rambut dalam keadaan rambut yang masih basah. Apakah Anda termasuk salah satunya? Jika ya, jangan pernah lakukan hal itu mulai saat ini ! Sebagaimana dilansir Boldsky, kebiasaan tersebut akan membuat rambut Anda jadi kering dan rusak. Jadi, jika Anda ingin menyisir, tunggulah hingga rambut Anda benar-benar kering !

Cukur sebelum mandi

Mencukur (janggut, kumis, atau bulu kaki) sebelum mandi berpotensi besar menyebabkan kulit jadi luka dan iritasi. Karenanya, para ahli menyarankan agar Anda bercukur sehabis mandi. Dikatakan mereka, risiko iritasi dan luka akan berkurang karena folikel rambut menjadi longgar setelah mandi. 

(Visited 298 times, 1 visits today)