Vodka, Whiskey, Rum, dan Scotch, Apa Bedanya?

0
1790
Vodka, Whiskey, Rum, dan Scotch, Apa Bedanya

Minuman keras atau beralkohol sering dikonsumsi oleh warga negara beriklim dingin untuk menghangatkan tubuh. Di Indonesia sendiri meski tidak memiliki iklim dingin, minuman keras bisa dibeli di tempat tertentu, dengan syarat si pembeli sudah berumur 18 tahun ke atas.

Minuman keras sendiri terdiri dari berbagai jenis seperti vodka, whiskey, rum, dan scotch. Sebenarnya apa sih yang membedakan keempat jenis minuman keras tersebut? Langsung saja simak pembahasannya, POPle!

Vodka

Sumber – Hangover Prices

Vodka tergolong dalam minuman dengan kadar alkohol yang tinggi. Cairan vodka bening tidak berwarna. Vodka dibuat dari penyulingan pati atau gula dari biji-bijian seperti gandum hitam, gandum, dan jagung yang sudah difermentasi sebelumnya. Secara umum, vodka mengandung alkohol sekitar 35-60%. Sedangkan yang dari Rusia mengandung 40% alkohol. Beberapa merek vodka yang terkenal adalah Red Star dan Chopin.

Baca juga: Punya Dana Lebih, Ajak Pasanganmu ke Kota Romantis Ini

Whiskey

Sumber – Huffington Post

Nama whiskey didapat dari bahasa Irlandia yang berarti minuman beralkohol hasil fermentasi biji-bijian yang diproses dengan cara dihaluskan, dicampur air, dan dipanaskan. Biji-bijian yang sering digunakan untuk membuat whiskey adalah malt, jelai, gandum hitam, gandum, dan jagung. Kadar alkohol whiskey sendiri bisa mencapai 40%. Berbeda dengan vodka yang tidak berwarna, cairan whiskey bening dan berwarna cokelat. Salah satu merek whiskey yang terkenal adalah Jack Daniels.

Rum

Sumber – Mental Floss

Rum adalah minuman beralkohol yang dibuat dengan proses fermentasi dan distilasi air tebu yang kemudian dimatangkan dalam tong kayu. Ada 2 jenis rum, pertama adalah rum putih yang biasa digunakan sebagai campuran koktail. Kedua adalah rum berwarna cokelat yang biasa digunakan untuk memasak atau membuat adonan kue. Perlu kamu ketahui, hanya rum berkualitas tinggi saja yang bisa diminum tanpa campuran dan es batu. Rum banyak diproduksi di negara-negara Karibia, Amerika Selatan, Australia, dan India. Beberapa merek rum yang terkenal di dunia adalah Captain Morgan dan Gold Coaster.

Scotch

Sumber – The Coolist

Scotch adalah variasi dari wiski yang dibuat di Skotlandia. Sama seperti wine, scotch akan semakin nikmat seiring bertambah usianya. Rasa unik scotch didapat dari aroma kayu ek yang digunakan sebagai barel penyimpanannya. Produsen scotch sendiri tidak akan menjual produk yang belum berusia 3 tahun ke pasar.

Setelah membaca pembahasan tadi, kira-kira minuman apa yang mau POPle mau cicipi? Apa pun pilihanmu, pastikan untuk meminumnya dengan bijak, ya!

Baca juga: Akhirnya Terjawab: Gravure dan AV Punya Perbedaan yang Panas!

(Visited 46,430 times, 4 visits today)