Waspada, Berenang Dapat Picu Diare! Kok Bisa?

0
10

Studi menemukan bahwa berenang dapat memicu terjadinya diare

Berenang merupakan salah satu aktifitas fisik yang memiliki segudang manfaat sehat. Di antaranya sebut saja mampu meningkatkan kesehatan jantung, membentuk dan menguatkan otot tubuh, bahkan sanggup mencegah sekaligus mengatasi stres. Lepas dari itu, tahukah Anda jika berenang ternyata menyimpan dampak buruk yang cukup mengerikan?

Diungkapkan Dr. Edward Brooks, spesialis peyakit menular di Stanford Health Care, melakukan aktivitas di kolam renang dapat memicu terjadinya diare. Kata dia, penyakit tersebut biasanya ditularkan ketika seseorang tak sengaja menelan organisme saat berenang.

Berenang dapat memicu terjadinya diare.
Berenang dapat memicu terjadinya diare.

“Penyebaran bakteri terjadi saat seseorang yang mengalami diare pergi berenang lalu mencemari air dengan mikroorganisme yang menular. Nah, saat mikroorganisme berada di dalam air, orang lain yang menelannya berpotensi besar mengalami diare,” jelas Brooks.

Dalam rangka mencegah terjadinya diare saat berenang, Brooks menyarankan agar Anda sebaiknya selalu memastikan bahwa kolam renang yang Anda pilih terpelihara dengan baik. Ditambahkannya,”Jika Anda menggunakan fasilitas umum, cobalah untuk selalu pastikan apakah kolam tersebut memenuhi standar keseimbangan klorin dan PH atau tidak. Dan bila Anda menggunakan kolam renang pribadi, cobalah untuk senantiasa memelihara airnya dengan sangat baik.”

Semua kolam renang, lanjut Brooks, sejatinya harus selalu dibersihkan dan didesinfeksi menggunakan produk klorin, suatu zat yang mampu membunuh bakteri, virus, dan ganggang. “Jika kolam renang tak disematkan produk tersebut, kita sama saja berenang dalam genangan berisi kuman,” pungkasnya seperti dilansir .

Brooks manambahkan, agar aktivitas renang tak memicu terjadinya diare, penting bagi Anda untuk selalu mengedepankan kebersihan diri. Contohnya, usahakan selalu mandi sebelum dan sesudah berenang untuk mencegah transfer penyakit. Selain itu, pastikan juga Anda selalu membersihkan pakaian renang dengan sabun setelah digunakan.

Baca juga: Sederet Kaum Hawa Ini Berani Renang Bugil

Oh ya, bicara aktivitas berenang, ada satu hal lagi yang perlu Anda ketahui. Menurut para ahli, nekat buang air kecil di kolam renang punya dampak buruk bagi kesehatan diri dan orang lain. Perlu Anda tahu, air kolam renang biasanya akan dicampurkan klorin untuk mencegah berkembangnya bakteri. Jika klorin terpapar urin manusia, senyawa tersebut akan menghasikan zat beracun, yakni cyanogen chloride (CNCl) dan trichloramine (NCl3).

Merujuk pada studi yang dipublikasikan dalam jurnal Environmental Science and Technology Letters, cyanogen chloride diketahui dapat berdampak buruk bagi kesehatan paru-paru, jantung, dan sistem saraf pusat lainnya jika sampai terhirup. Sementara trichloramine berpotensi besar menyebabkan cedera paru akut.

 

Ingin cari pakaian renang mantap? Cek di sini!

(Visited 413 times, 1 visits today)