Owala, Dua Tempat Wisata Negeri Ini Punya Nama Jorok!

0
9
Benarkah Traveling Bisa Tingkatkan Gairah Bercinta Kembali? Ini Kata Para Ahli..

Aneh-aneh saja tapi mau gimana lagi itu faktanya. Dua tempat wisata di Indonesia ini namanya sedikit jorok!

 

Satunya ada yang namanya Candi Sumber Tetek dan satunya lagi Situs Batu Berak. Siapa yang bisa menyangka kalau kedua tempat wisata tersebut disemat nama yang jorok. Hmmm …

Kenapa bisa begitu?

1. Candi Belahan atau Candi Sumber Tetek

Yup, melihat namanya sudah menjurus ke satu anatomi maha penting yang dimiliki kaum hawa. Hahaha! Lokasinya berada di Dusun Belahan, Kabupaten Kota Pasuruan, Jawa Timur. Dinamakan begitu karena terdapat arca Dewi Laksmi yang mengeluarkan air dari payudaranya.

Oh begitu …

candi sumber tetek

 

Air dari payudara arca Dewi Laksmi langsung turun ke kolam di bawahnya. Konon, kolam ini adalah tempat mandi para istri dan selir Prabu Airlangga. Tak jarang, banyak wisatawan yang mandi, berenang, dan berfoto dengan arca Dewi Laksmi. Wah!

Oh ya, katanya lagi nih, air yang keluar dari payudara arca Dewi Laksmi ini berkhasiat membuat awet muda. Hmmm, mau coba?

 

2.  Situs Megalitik Batu Berak

Untuk sebuah situs sejarah nama ini memang sedikit menggelikan, pikiran pun bertanya ada apa gerangan dengan situs yang dinamakan sebagai ‘batu berak’ ini.

 

7 Destinasi Ini Sajikan Keindahan Lewat Wisata Seks-nya !

 

Apakah batu itu dapat “berak”? Tentu saja pertanyaan konyol yang jelas tidak mungkin, karena batu itu bukanlah seperti manusia. Dan batu tersebut juga bukan kotoran manusia yang lantas jadi batu pula!

Lantas kenapa dinamakan sebagai Situs Batu Berak?

situs batu berak

 

Ok, jadi situs ini kali pertamanya ditemukan pada 1951 oleh BRN (Badan Rekonstruksi Nasional). Setelah situs ini ditemukan, barulah selang beberapa tahun kemudian dimulai penelitian.

Penelitian pertama dimulai pada 1980 oleh Prof.Dr.Aris Soekandar seorang arkeolog dari Jakarta.

Situs megalitik Batu Berak ini dahulu dipakai sebagai tempat pemujaan, bukan tempat pemakaman pada zaman animisme. Situs ini telah melalui pemugaran selama empat tahap, yang dimulai pada 1984 hingga 1989.

Pada 1989, komplek situs megalitik batu berak ini mulai dibuka untuk umum baik untuk wisata maupun untuk keperluan penelitian.

 

5 Destinasi Wisata Taman Ujung Kulon yang Harus Dikunjungi Bersama Pasangan

 

Situs megalitik Batu Berak berada di salah satu desa di Kecamatan Kebon Tebu, Kabupaten Lampung Barat. Selain situs ini, beberapa situs megalitik lainnya juga terdapat di Kecamatan Kebon Tebu ini.

Antara lain, Batu Jagur, Batu Tameng di Pekon Purajaya, Batu Jaya di Muara Jaya 2, Telaga Mukmin bertempatkan di Pekon Puramekar, Cakung Dua atau Batu Bergores bertempatkan di Bungin, dan Air Ringkih bertempatkan di Gunung Terang.

 

Tertarik berkunjung kesana?

 

 

berbagai sumber

(Visited 1,000 times, 1 visits today)