Mencicipi Sate Domba Afrika Haji Ismail di Tanah Abang

0
32
sate domba Afrika Haji Ismail

Kuliner selalu menarik untuk dibahas. Mencicipi makanan khas luar negeri seperti Italia dan Perancis mungkin sudah biasa. Pernahkah kamu mencicipi kuliner khas Afrika di Indonesia? Memang faktanya, jarang terdapat restoran Afrika di negara kita, tetapi ada satu rumah makan yang tampak seperti warung sederhana, terletak di pinggir jalan daerah Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Sate Domba Afrika Haji Ismail tengah menjadi fenomena di kalangan pecinta tanah air. Sebelum membahas makanannya, mari berkenalan dengan pemiliknya. Haji Ismail Coulibally berasal dari negara Mali, Afrika Barat. Haji Ismail telah membuka usaha kuliner sate domba afrika sejak 18 tahun silam. Pada awalnya, Haji Ismail memasak sendiri hidangan sate tersebut, untuk menjaga cita rasa Afrika. Seiring dengan kesuksesan usahanya, Haji Ismail membuka beberapa cabang di Jakarta dan saat ini memiliki cabang di Yogyakarta.

Hidangan sate domba Afrika, tanpa tusuk

Jika selama ini sate identik dengan daging yang dicincang kecil – kecil kemudian disatukan dengan sebuah tusuk, berbeda dengan hidangan sate domba Afrika Haji Ismail. Daging domba dibakar di atas arang yang membara, kemudian dipotong menjadi bagian – bagian kecil di atas sebuah nampan stainless steel. Racikan bumbu kaldu khas Afrika dan irisan bawang bombay menemani daging domba yang dibakar.

Cara menyantapnya pun unik. Di tempat asalnya, orang – orang menyantap hidangan utama ditemani dengan pisang yang digoreng tanpa tepung hanya dengan mentega, ditambah campuran sambal dan mustard serta mayonaise. Rasanya unik, pedas dan gurih di lidah. Daging domba yang disajikan empuk dan mudah dikoyak dengan gigi.

Rahasia dari daging domba yang empuk besutan Haji Ismail adalah proses penyajian melalui pembakaran sebanyak dua kali, memastikan bahwa bagian daging dalam sama matangnya dengan daging luar.

Keunikan lainnya dari hidangan sate domba Afrika Haji Ismail adalah kadar lemak yang dikandung dalam daging sangatlah sedikit, sehingga orang yang memiliki masalah kolestrol masih bisa menyantapnya.

Tidak perlu khawatir untuk kamu yang memiliki permasalahan kadar kolesterol dan ingin mencicipi sate domba khas Afrika ini. Haji Ismail menyediakan berbagai menu minuman yang berkhasiat untuk menetralisir kadar kolesterol dalam darah.

POPle, tertarik untuk mencicipi?

 

(Visited 203 times, 1 visits today)