Kenal Lebih Dekat Perkembangan Animasi Dunia

0
112
animasi

Tak dihargai di negara sendiri, bukan berarti mereka mati di negeri orang. Justru sebaliknya, mereka dihargai dan dipandang berkat kreasi-kreasinya.

Animator adalah seorang seniman pencipta beberapa gambar yang mampu memberikan ilusi pergerakan ketika ditampilkan secara berturut-turut, biasa disebut animasi.

Seorang animator bisa bekerja dalam banyak jenis lapangan pekerjaan yaitu dunia pertelevisian, perfilman, atau video game. Perjalanan animator takkan bisa lepas dari perkembangan sejarah animasi sendiri. Lalu bagaimana sejarah perkembangan animasi dunia?

Sejarah Perkembangan Animasi

Menurut Stephen Cavalier dalam bukunya yang berjudul “The World History of Animation”, sejarah perkembangan animasi terbagi dalam lima bagian. Lima babak tersebut dimulai dengan era sebelum tahun 1900 atau Pre-1900 (The origin of Animation), inilah era animasi sebelum film, kamera serta proyektor modern ditemukan.

Akhirnya, Aksi Robot Berotot Transformers Jadi Tontonan Kencan ‘Ramah Mata’!

Dimulai sejak ditemukannya gambar bercerita di dinding-dinding gua di masa prasejarah, sampai dengan penemuan mainan optik. Penemuan tersebut antara lain seperti Traumatrope oleh fisikawan asal Inggris, John Airton Paris, tahun 1825, Phenakitiscope (1831) oleh Josept Plateau asal Belgia, Daedalum (1834) oleh William Horner asal Inggris dan yang lainnya.

Bagian sejarah selanjutnya terjadi pada tahun 1900 – 1927 (Film Animation: The Era of Experimentation). Inilah era awal sinema yang dimulai setelah Lumire Brothers memperkenalkan alat yang mereka sebut Cinematographe di Prancis.

Uji coba gerak, teknik dan sinematrografi awal film animasi terjadi pada era ini. Film animasi pertama dibuat oleh seorang pria Inggris, Arthur Melbourne Cooper, pada tahun 1899 berjudul: Matches: An Appeal. Di negeri Paman Sam, Walt Disney, Emili Cohl, hingga Thomas Edison adalah orang-orang generasi pertama yang mewarnai perkembangan film animasi disana.

Bagian ketiga tahun 1928 – 1957 (Film Animation: The Golden Age of Cartoon). Ini adalah era emas animasi kartun, dalam hal komersial, teknik maupun artistik. Era ini identik dengan era Disney karena di era ini, Disney mendominasi animasi dunia yang diawali dengan kesuksesan Steamboat Willie yang melambungkan karakter Mickey Mouse.

Pada era ini juga bermunculan kreator dan animatior lain yaitu James Stuart Blackton, Otto Mesmer, Pat Sullivan, Fleicher Brother, Lotte Reiniger. Pada rentang waktu yang sama juga muncul animasi eksperimental khas Italia, Prancis, Rusia, Kanada, dsb.

Bagian ke empat tahun 1958 – 1985 (The Televison Age). Animasi pada era televisi dimulai sejak 1958 keika televisi mulai menggeser dominasi layar lebar di bioskop sebagai medium untuk menikmati film animasi. Animasi mulai diproduksi secara kontinyu. Animasi juga mulai merambah iklan komersial di televisi.

Kualitas Hollywood, Film-Film ‘Panas’ Ini Diplot yang Terbaik!

Di era ini pula, animasi jepang yang terkenal dengan nama anime mulai mendominasi dunia. Anime teernyata sanggup bersaing dengan Amerika Serikat dalam industri animasi dunia.

Dan bagian ke lima dimulai tahun 1986 – 2010 (The Digital Dawn). Di era ini, penemuan teknologi digital ikut berpengaruh pada perkembangan animasi global. Teknologi digital menjadi kekuatan animasi era ini.

Banyak dari aspek produksi yang berubah dari era sebelumnya berkat munculnya teknologi digital. Era ini dimulai dengan rilisnya animasi 3D panjang pertama “Toy Story” hasil buatan studio Pixar tahun 1995. Setelah itu, laju animasi digital tak terbendung hingga saat ini.

(Visited 1,409 times, 1 visits today)