Sederet Rahasia Penerbangan Ini Hanya Diketahui Oleh Para Pramugari!

0
2
rahasia penerbangan

Tak ada ‘orang dalam’ yang paham soal penerbangan kecuali para awak kabin atau pramugari. Sederet Rahasia Penerbangan Ini Hanya Diketahui Oleh Para Pramugari!

Tugas seorang pramugari dan pramugara bukan hanya melayani para penumpang , membagikan makanan, minuman, atau selimut. Para awak kabin adalah pihak pertama yang akan merespons segala gangguan di tengah penerbangan.

Sebab, satu tugas para awak kabin adalah memastikan penumpang terbang dengan selamat kembali ke pelukan orang-orang terkasih. Maka, tak mengherankan jika dalam kondisi darurat, misalnya perempuan melahirkan dalam pesawat, pramugari bertindak sebagai bidan. Dan mereka memang dilatih untuk melakukannya.

Pramugara dan pramugari juga dibekali dengan cara bertahan hidup di alam liar. Mereka bisa menjadi andalan saat penumpang berada dalam situasi tersebut. Ada sejumlah hal dalam penerbangan yang bisa jadi hanya diketahui para pramugari dan pramugara.

1. Tempat Paling Jorok

Bagian paling jorok di pesawat adalah meja lipat di depan bangku penumpang. “Orang-orang biasanya bersandar di sana, mengganti popok bayi, dan mengistirahatkan kaki mereka,” kata seorang pramugari JetBlue kepada Business Insider.

Terbang Yuk Bersama Pramugari-Pramugari Tercantik Di Dunia!

2. Mengangkat tas atau Koper Buka Tugas Pramugari

Sejumlah pramugari mengaku, mereka dibayar berdasarkan jam terbang, tak termasuk saat naik maupun turun dari pesawat. Serikat awak kabin juga tak menanggung saat seorang pramugari cedera saat mencoba menaikkan tas penumpang ke ruang penyimpanan. Karena bekerja tanpa dibayar di awal penervangan dan harus membayar risiko dalam pekerjaan tak dikehendaki semua orang, jadi tak seharusnya para penumpang mengharapkan pramugari ambil risiko untuk Anda.

3. Pramugari Tak Boleh Telat

Selama persiapan terbang, para pramugari akan memberitahukan keberadaan mereka pada kru maskapai. “Awak kabin tak boleh terlambat, tak boleh mencari kopi agar terjaga. Kami harus siap tepat waktu.”

Jika penerbangan dilakukan dari bandara yang menjadi markas maskapai penerbangan, biasanya ada awak kabin dalam posisi stand by atau siaga, untuk menggantikan rekannya yang tak datang tepat waktu. Para awak kabin cadangan biasanya bersiap di ruang para kru, menanti panggilan tugas. Ada juga yang berada di rumah namun dalam posisi siaga.

4. Ke Toilet Sebelum Take Off Bisa Menunda Penerbangan

Ketika penumpang berdiri untuk pergi ke toilet, para awak kabin harus memperingatkan kokpit. Sesuai aturan, pilot tak boleh menerbangkan pesawat jika masih ada penumpang di dalam toilet pesawat.

Penting! Ini 5 Etika Naik Pesawat yang Harus Dilakukan!

5. Duduk di Belakang Lebih Menguntungkan

Para penumpang biasanya memilih tempat duduk di depan, agar bisa turun lebih dulu dan memiliki kesempatan lebih dulu untuk memilih menu yang tersedia dalam penerbangan. Namun, menurut Annie Kingston, yang berpengalaman empat tahun jadi pramugari, soal servis, duduk di belakang lebih menguntungkan.

“Alasannya sederhana, kami sebisa mungkin menghindari menanggapi panggilan dari bagian depan pesawat. Sebab, menjawab satu berarti memamerkan barang apa pun yang diminta seorang penumpang sepanjang lorong,” tulis dia di Oyster.

 

(Visited 992 times, 1 visits today)