Sering Main PUBG Sebelum Tidur? Awas 3 Bahaya Ini Mengintai Anda…

0
2
Main PUBG

Semakin lama durasi bermain game akan semakin memperparah kerusakan otak. Sering Main PUBG Sebelum Tidur? Awas 3 Bahaya Ini Mengintai Anda…

Hayo, siapa disini yang doyan banget main game baik dari bangun tidur, istirahat atau bahkan sebelum tidur? Nggak salah sih, kalau hasil research dari Millward Brown AdReaction menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara paling adiktif terhadap gawai.

Bahkan, Indonesia menduduki peringkat pertama dengan rata-rata menggunakan gawai hingga 181 menit per hari! Tapi nih, selain boros kuota, bermain gawai berlebihan haram hukumnya karena efek negatif dari blue light. Apalagi menjelang tidur. Emang kenapa sih?

1. Bikin Mata Rusak

Blue light sendiri adalah salah satu spektrum cahaya dengan panjang gelombang terpendek dibandingkan spektrum cahaya lain. Tak hanya dari gawai, blue light sendiri ada di dalam cahaya matahari yang kamu lihat dan rasakan setiap pagi.

Serem! Keseringan Main Game Bisa Akibatkan Masalah Mental?

Lalu, apa sih hubungannya mata rusak dengan blue light? Jawabannya adalah mata tidak terlalu bagus dalam menghadang atau mem-filter blue light. Dampaknya, dapat merusak retina dengan menurunkan sensitivitas mata dalam menerima cahaya. That’s way, blue light dapat macular degeneration alias penurunan kualitas penglihatan yang umumnya terjadi di usia tua.

2. Mengganggu Kualitas Tidur

Pernah nggak sih ngerasa waktu ngantuk malam hari terus buka Instagram terus malah gak bisa tidur? Nah, ini nih salah satu dampak yang paling cepat terasa ketika kamu terlalu lama bermain gawai sebelum tidur. Hal ini dikarenakan blue lightmenghambat pertumbuhan hormon melatonin yang berhubungan dengan siklus tidurmu.

Inilah kenapa banyak penelitian yang menyarankan tidak bermain gawai sebelum tidur. Bahkan disarankan untuk meletakkan gawai minimal satu meter dari tubuhmu agar bisa tidur nyenyak.

3. Berisiko Kanker

Ini nih yang paling berbahaya dari terlalu sering bermain gawai apalagi malam hari. Melatonin selain berhubungan sama tidur juga berhubungan dengan anti-toxin alias penangkal racun alami yang ada di dalam tubuh.

Jika masih sekali dua kali tubuh masih bisa mentoleransi. Tapi kalau sampai sering bahkan jadi kebiasaan, maka racun yang ada di tubuhmu akan makin banyak karena tidak bisa dilawan dan meningkatkan potensi kerusakan sel dan berakibat meningkatnya resiko kanker loh!

(Visited 295 times, 1 visits today)