5 Fakta Bagong Kussudiardja Sosok Google Doodle Hari Ini

0
12

Siapakah sosok pria berusia yang jadi Google Doodle? Siapakah Bagong Kussudiardja yang jadi Google Doodle?

 

Siapa sangka kalau sosok pria berusia yang jadi Google Doodle alias simbol ikon Google ternyata orang Indonesia asli!

Siapakah dia? Bagong, who?

Berikut sederet faktanya…

 

#1  Sosoknya adalah …

Bagong Kussudiardja. Ia seniman asal Yogyakarta kelahiran 9 Oktober 1928 pada 89 tahun lalu. Ia adalah seniman yang lengkap. Karena ia adalah koreografer sekaligus pelukis senior yang karyanya sudah familiar tak hanya di negeri ini tapi juga di luar sana.

 

#2  Kenapa Harus Ada Gambar Ramai di Belakangnya?

Tentu saja gambar-gambar tersebut mewakili apa yang sudah jadi karya tangan Bagong sendiri. Lukisan penari dengan kostum dan ekspresi sukaria jadi inspirasi dari apa yang sudah diciptakan sang seniman senior ini.

 

#3  Seniman Lengkap

Sosok Bagong Kussudiardja adalah seniman lengkap. Dalam artian, ia mempelajari seni dari musik dan tari jawa. Awalnya ia malah berlatih tari Jepang dan India dulu. Setelah itu ia belajar koreografi dari koreografer legendaris, Martha Graham.

 

Patung Bagong Kussudiardja di kompleks Padepokan Tarinya

 

 

#4  Pusat Latihan Tari Bagong Kussudiardja

Dari sederet ilmu seninya tersebut, ia lantas mendirikan Pusat Latihan Tari Bagong Kussudiardja semasa ’50-an. Lalu muncul Padepokan Seni Bagong Kussudiardja pada 1978 di Bantul, Yogyakarta.

 

#5  Muncul dalam Ada Apa dengan Cinta 2

Padepokan seninya yang bebas dikunjungi publik tersebut muncul dalam Ada Apa dengan Cinta 2 yang tayang 2016 lalu. Ayah dari Butet Kertaradjasa dan Djaduk Ferianto ini menciptakan lebih dari 200 tarian.

 

(Visited 110 times, 1 visits today)