Riset Seru: Ada AI Pendeteksi Depresi di Foto-Foto Instagram!

0
0

Sering unggah foto diri ke akun Instagram pribadi? Bisa jadi nanti akan ketahuan apakah Anda depresi atau tidak!

 

Sedang mellow alias sedih? Bisa jadi begitu juga yang kelihatan lewat foto-foto yang Anda unggah kea kun Instagram. Ya, para periset sedang mengembangkan teknik AI atau Artificial Intelligence yang bisa menginfokan hal tersebut!

Depresi memang jadi suatu ‘penyakit’ yang dengan mudahnya dialami manusia. Makin kesini kondisi tersebut makin mudah dideteksi seiring dengan era keterbukaan dan teknologi canggih.

Serunya, sekarang ada aplikasi mini yang bisa mendeteksi itu, sebutannya IntelliCare. Aplikasi ini dikembangkan Northwestern University yang terbukti bisa menolong menemukan gejala-gejala dari depresi dan gelisah. Demikian dilansir AskMen.

Kesininya lagi, periset dari University of Vermont dan Harvard University mengembangkan mesin yang tekniknya bisa mendeteksi kondisi depresi seseorang. Mesin ini akurat hingga 70 persen, loh! Dan itu hanya dengan melihat Instagram mereka. Ck ck ck …

Kesannya seperti sihir?

Simpel saja. Pas kita merasa sedih, foto-foto kita pun akan lebih berwarna biru. Ini berhubungan juga dengan warna gelap dan abu-abu.

Terungkap, Miss V Wanita Ternyata Bisa Depresi! Kok Bisa?

Hasil lain, ada komputer yang bisa mengetes itu semua dan dipublikasi pada 8 Agustus 2017 dalam jurnal data ilmu pengetahuan, EPJ Data Science. Kata Chris Danforth, profesor University of Vermont,”Ini menuju pada metode baru pendeteksian rasa depresi dan kasus-kasus sakit jiwa lainnya.”

Sebenarnya hitungan ngeh-nggak ngeh tentang kondisi hati sudah bisa dilakukan secara manual oleh kita manusia. Buktinya saja kita lebih bisa melihat sohib kita sedang sedih atau tidak dibanding kita melihat kondisi diri sendiri.

Studi yang dilakukan para ahli di atas sendiri bukan tes diagnosa yang sudah resmi. Itu hanyalah bukti ada konsep cara baru untuk menolong orang.

 

Seru!

(Visited 141 times, 1 visits today)