Guys Ini Tips Persiapan Berkendara Saat Musim Hujan Agar Kalian Aman

0
2

Memasuki bulan Oktober intensitas hujan sudah mulai meningkat. Beberapa hari belakangan ini hujan sudah mulai turun walaupun belum merata. Berbeda disaat musim kemarau, di musim hujan cara berkendara pun mesti berubah. Kondisi bisa berbeda, seperti jalan yang lebih licin sehingga harus lebih waspada.

Pada situs resminya, Toyota Astra Motor memberikan persiapan berkendara di musim hujan, dimana kondisi mobil pun dituntut harus prima.

Semisal karet wiper yang sudah tidak bagus sehingga tidak bisa membersihkan kaca depan secara optimal, sehingga pandangan ke depan pun terganggu.

Ini Sederet Penyakit yang Mengintai Para Pengendara Motor!

Pertama adalah karet wiper, pastikan kinerja karet wiper bisa menyapu air hujan dengan maksimal, khususnya saat hujan deras. Kalau sudah getas atau mulai sobek, segera ganti yang baru. Ganti kedua sisi dengan karet wiper orisinal Toyota agar hasilnya optimal. Jangan lupa cek kondisi air pembersih kaca. Jika kosong, isi dengan cairan khusus pembersih kaca mobil agar membantu membersihkan kaca depan secara optimal.

Yang kedua adalah ban. Tapak ban yang sudah menipis pun bisa menyebabkan hilangnya grip ketika melewati jalan basah yang licin, rentan menyebabkan kecelakaan. Perhatikan tingkat ketebalan telapak ban dengan berpedoman pada Tire Wear Indicator (TWI) yang ada di alur ban mobil.

Inilah Pemenang Kontes Honda Brio Virtual Modification…

Jika sudah aus atau menipis wajib diganti baru. Jika tapak ban habisnya tidak merata, berarti ada masalah di kinerja sistem suspensi. Lakukan spooring ban mobil sekaligus balancing untuk menjaga performa ban.

Gejala aquaplaning atau ban mobil kehilangan daya cengkeram ke jalan akibat adanya lapisan air di atas aspal bisa membuat mobil tidak bisa dikendalikan dan tergelincir. Rem mobil pun harus dicek, karena pada saat melalui jalan basah, rem akan bekerja ekstra untuk menghentikan laju mobil.

Pastikan kampas rem masih bagus dan tidak ada kebocoran minyak rem serta kontrol kapasitas minyak rem di tabung master rem.

Untuk pemeriksaan menyeluruh yang lebih detail, bisa datangi bengkel mobil terdekat di wilayah anda.

(Visited 781 times, 1 visits today)