Ternyata Perasaan Sedih Sangat Baik untuk Pekerja Kreatif, Mengapa?

0
1
merasa sedih

Hidup itu seperti roller coaster, terkadang sedih, tidak jarang bahagia. Namun beberapa orang merasa lebih sering merasa sedih ketimbang bahagia. Kesedihan selalu dikaitkan dengan hal – hal negatif, dan semua orang berusaha menghindari hal – hal yang membuat mereka merasa sedih.

Di balik kesedihan yang dikaitkan dengan citra negatif, ternyata ada hal positif dari perasaan sedih yang kamu alami, terlebih lagi jika kamu pekerja industri kreatif.

Pasalnya, kesedihan bisa memicu otak menjadi lebih fokus dan mendorong kreativitas lho, POPle. Sebuah penelitian yang dilaksanakan pada tahun 2016 menunjukan permainan musik para musisi jazz yang dijadikan responden penelitian mengalami perkembangan di saat mereka diberikan perintah untuk membayangkan hal negatif dalam mengimprovisasi musiknya apabila dibandingkan dengan bayangan hal positif.

Hal ini tidak hanya terjadi pada para musisi jazz dari penelitian tersebut. Sejumlah nama besar di dunia seni ternyata merupaka seorang melankolis semasa hidup mereka. Sebagai contoh Vincent van Gogh yang semasa hidupnya mengalami permasalahan mental bipolar, menciptakan karya – karya lukis yang unik.

Penelitian lain mendapatkan hasil serupa. Modupe Akinola, seorang profesor di Columbia Business School mempublikasikan sebuah paper berjudul “The Dark Side of Creativity: Biological Vulnerability and Negative Emotions Lead to Greater Artistic Creativity.”

Dalam eksperimennya, dirinya memberikan perintah pada subyek penelitian untuk menyampaikan pidato singkat terkait pekerjaan impian mereka. Para mahasiswa yang merupakan subyek penelitian diberikan umpan balik positif dan negatif secara acak, berupa senyuman atau gelengan kepala yang menandakan tanggapan negatif.

Kemudian, para subyek penelitian diberikan kertas, lem, dan kain dan diperintahkan untuk membuat kolase dari material tersebut. Para seniman profesional kemudian mengevaluasi kolase yang mereka buat berdasarkan tingkat kreativitasnya.

POPle, tidak ada salahnya merasa sedih. Mengekspresikan kesedihan merupakan makanan bagi otak, karena reward yang dirasakan oleh otak ketika mengekspresikan kesedihan melalui medium apapun lebih memuaskan.

Kesimpulannya, tidak perlu berusaha menipu perasaanmu. Ungkapkanlah apa yang kamu rasakan. Mungkin saja dari kesedihan yang kamu rasakan, kamu bisa menghasilkan karya yang luar biasa.

(Visited 9 times, 1 visits today)