5 Tips Kumpulkan Modal untuk Menikah. Biar Semuanya Lancar Jaya!

0
0
modal untuk menikah

Mengumpulkan modal untuk menikah bisa dimulai dengan menabung dari hasil pemasukan. 5 Tips Kumpulkan Modal untuk Menikah. Biar Semuanya Lancar Jaya!

Sudah jadi hal lumrah bahwa menikah memerlukan dana. Besar kecilnya dana menikah tergantung bujet Anda dan pasangan. Langkah penting setelah menyusun anggaran adalah mengumpulkan modal untuk menikah. Bagian finansial inilah menjadi penentu pernikahan impian Anda.

Mengumpulkan modal untuk menikah bisa dimulai dengan menabung dan menyisihkan masing-masing pendapatan sesuai kesepakatan. Dengan menerapkan hal ini secara rutin dan disiplin niscaya modal menikah Anda akan memenuhi bujet.

Apabila pendapatan Anda dan pasangan pas-pasan maka tetapkan pernikahan sederhana namun berkesan. Intinya, saat menggelar pesta pernikahan harus sesuai anggaran dan kemampuan agar pengumpulan modal berlangsung lancar. Ingat, masih banyak kebutuhan menanti Anda setelah pesta pernikahan usai.

Berikut 5 tips kumpulkan modal untuk menikah:

1. Sisihkan Penghasilan

Cara ini wajib dan harus dilakukan sebagai pasangan yang mau menikah. Dengan menyisihkan penghasilan minimal 20 persen, maka tabungan pernikahan Anda akan terkumpul. Apabila salah satu dari Anda memiliki penghasilan lebih besar, bisa menabung lebih banyak. Lakukan cara ini secara rutin agar mencapai anggaran yang telah ditentukan.

Mau Nikah? Tanyakan 7 Pertanyaan Ini Ke Pasangan Anda!

2. Investasi

alokasikan dana menikah ke dalam bentuk investasi. Hal ini karena investasi akan membuahkan hasil lebih besar ketimbang tabungan. Pemilihan produk investasinya sebaiknya tergantung jangka waktu pemakaian investasi tersebut. Apabila Anda berencana menikah dalam kurun waktu kurang dari tiga tahun maka manfaatkan emas sebagai investasi karena nilainya akan selalu meningkat dan memiliki tingkat risiko rendah.

3. Bikin Tabungan Bersama

Langkah pengumpulan modal selanjutnya adalah membuat tabungan bersama. Tabungan bersama ini bisa menjadi wadah setelah Anda dan pasangan masing-masing menyisihkan penghasilan setiap bulannya. Bahkan ketika menerima bonus dan tunjangan, segera letakkan di tabungan bersama ini setengahnya. Adanya tabungan bersama sekaligus memantau berapa pengeluaran dan pemasukan setiap bulan. Sehingga keuangan lebih terarah karena berasal dari satu lumbung.

4. Hemat dan Kencangkan Ikat Pinggang

Ketika Anda dan pasangan berencana menikah, maka segera berhemat dan hindari pengeluaran-pengeluaran konsumtif. Anda bisa memulai untuk mengurangi biaya kencan seperti menonton bioskop dan makan di restoran setiap minggu. Lebih baik alokasikan dananya ke dalam tabungan atau investasi. Ketika Anda mulai berhemat dan mengencangkan ikat pinggang maka pelan-pelan kebutuhan pernikahan Anda akan terwujud.

Seks Pra-Nikah Faktor Utama Ketidakharmonisan Rumah Tangga

5. Pengajuan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Mengajukan KTA kerap menjadi solusi bagi pasangan yang kekurangan dana menjelang detik-detik terakhir pernikahan. Meskipun sudah menabung, berinvestasi dan berhemat, jumlah dana tunai masih belum melampaui anggaran. Carilah KTA dengan suku bunga rendah, durasi penyetujuan cepat, dan persyaratan mudah. Ketika mengajukan pinjaman sebaiknya pilih bank dengan suku bunga tetap (fixed rate) dan memiliki tenor pinjaman cukup lama.

Semoga bermanfaat ya POPle….

 

(Visited 83 times, 1 visits today)